This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6755

Keywords:

keaktifan siswa, media gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa pada  pembelajaran IPS  Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Kolaboratif subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57,30% (kriteria cukup), pada siklus II meningkat menjadi 78,265% (kriteria baik). Artinya ada peningkatan sebesar 24%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan di siklus II yaitu memberikan variasi terhadap gambar dengan memberi kesan yang menarik, memperbanyak gambar teknologi masa lalu dan masa kini. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu dari penggunaan media gambar pada saat proses pembelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 109 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pembelajaran. Dalam http://eduarticles.com/mengenal -media-pembelajaran
Asyhar dan Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Dimiyati. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka cipta
Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah B. Uno dan Nurdin Muhamad. (2012). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inofatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara
Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Pres
Martinis Yamin. (2007). Kiat Pembelajaran Siswa. Jakarta: Ar-Ruzza Media
Muhammad Numan Somantri. (2001). Pembelajaran IPS. Bandung
Nana Sudjana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung Sinar Baru Algesindo
Paul Suparno. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: kanisius
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakaya
Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta
Sudjana. (2005). Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo
Sudjana. (2006). Proses Pembelajaran. Jakarta
Sumiati. (2009). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: Pustekkom Dikbod dan PT Raja Grafindo Persada
Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Dapartemen Pendidikan Nasional.
Tantya Hisnu P. (2008). Pengetahuan Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: BSE
Wardhani dan Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pranada Media Group
Wijaya Kusumah  Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Indeks
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group
Zainal. (2007). Pembelajara IPS. Jakarta

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Di Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 57-72. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6755