Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar

Authors

  • M Maryono Universitas Jambi
  • Hendra Budiono Universitas Jambi
  • Resty Okha Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mandiri dalam kurikulum 2013 dan mengetahui hambatan yang di hadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter mandiri dalam kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek penelitian adalah 2 guru kelas IV SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, guru sebagai tenaga pendidik di sekolah harus bisa implementasi nilai karakter mandiri di kelas dengan memberikan tugas kepada siswa agar peserta didik bisa mengerjakan tugas yang di berikan guru secara individu/mandiri. Hal ini disebabkan karena masih banyak peserta didik yang mengandalkan guru dan sesama teman  dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29 — Updated on 2018-06-29

Versions

How to Cite

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750