This is an outdated version published on 2018-06-29. Read the most recent version.

Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Keywords:

pelaksanaan, nilai peduli lingkungan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mandiri dalam kurikulum 2013 dan mengetahui hambatan yang di hadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter mandiri dalam kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek penelitian adalah 2 guru kelas IV SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, guru sebagai tenaga pendidik di sekolah harus bisa implementasi nilai karakter mandiri di kelas dengan memberikan tugas kepada siswa agar peserta didik bisa mengerjakan tugas yang di berikan guru secara individu/mandiri. Hal ini disebabkan karena masih banyak peserta didik yang mengandalkan guru dan sesama teman  dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta.
Arikunto. 2010:2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Ma’mur Jamal. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press
Daryanto dan Darmiyantun Suryatri . 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. 2009. Buku Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jambi: Kementerian Pendidikan Nasional.
Ilahi, Takdir Muhammad. 2012. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Koesoema, Doni A. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo
Muslich, Mansur. 2011. Pendidikan karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta Bumi Aksara
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Indonesia Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru
Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Pos dakarya
Mukhtar. 2013. Metode praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif dan kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Agus. 2013. Menajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, N. A.2013. Membumikan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jogyakarta : Ar-Ruzz Media
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2018-06-29

Versions

How to Cite

Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. (2018). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750