StudiTentang Kesiapan Guru Matematika SMA Negeri Kota Jambi Dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

Authors

  • Wardi Syafmen

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.681

Abstract

ABSTRAK *)

StudiTentang Kesiapan Guru Matematika SMA Negeri Kota Jambi Dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

*) Wardi Syafmen, Dosen FKIP Universitas Jambi, Program Studi Pendidikan Matematika.

 

Salah satu variabel yang mempengaruhi system pendidikan  nasional adalah kurikulum, kurikulum harus bisa menjawab kebutuhan masyarakat luas dalam menghadapi persoalan  kehidupan. Oleh karena itu kurikulum harus dapat mengikuti dinamika yang ada dalam masyarakat.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya (KBK),dengan keunggulan yang dimilikinya KTSP merupakan pilihan yang tepat menurut pemerintah untuk menjawab tantangan tersebut. Dalam mengimplementasikan KTSP peranan guru sangat penting, karena gurulah yang pada akhirnya akan melaksanakan  kurikulum di dalam kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan guru-guru SMA Negeri Kota Jambi  dalam penerapan KTSP.Data penelitian diperoleh dari angket tertutup yang disebarkan kepada 106 orang responden. Berdasarkan hasil analisa  dari 101 orang responden yang mengembalikan angket, diperoleh  98 orang  atau  97,03 % guru matematika SMA Negeri Kota Jambi telah siap untuk menerapkan KTSP

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-04-15 — Updated on 2011-04-15

Versions

How to Cite

Syafmen, W. (2011). StudiTentang Kesiapan Guru Matematika SMA Negeri Kota Jambi Dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.681