PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE-LEARNING BERBASIS SOFTWARE CLASSPAD CASIO PADA MATA KULIAH GEOMETRI DATAR DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.597Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran Mobile-Learning yang valid untuk belajar mandiri mahasiswa pada mata kuliah geometri datar. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I pendidikan matematika IKIP PGRI Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dalam penelitian pengembangan media Mobile-Learning ini dilakukan dengan 4 (empat) tahap yaitu (a) Analisis pendahuluan, (b) Perancangan, (c) Evaluasi, (d) Revisi. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Sesuai hasil angket tentang pengembangan media Mobile-Learning di peroleh nilai sig = 0.00 dan R= 0.541, yang artinya motivasi mempengaruhi sebesar 54.1% terhadap hasil belajar mahasiswa. Diperoleh rata-rata hasil belajar yang lebih baik antara kelas eksperimen sebesar 84.27 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 80.05.
Dari hasil tersebut diperoleh media pembelajaran Mobile-Learning yang valid untuk belajar mandiri mahasiswa pada mata kuliah geometri datar sesuai teori perkembangan Akker .
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2012-04-14 (1)
- 2012-04-14 (1)