PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE-LEARNING BERBASIS SOFTWARE CLASSPAD CASIO PADA MATA KULIAH GEOMETRI DATAR DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Achmad Buchori
  • Herry Agus Susanto

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran Mobile-Learning yang valid untuk belajar mandiri mahasiswa pada mata kuliah geometri datar. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I pendidikan matematika IKIP PGRI Semarang.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dalam penelitian pengembangan media Mobile-Learning ini dilakukan dengan 4 (empat) tahap yaitu (a) Analisis pendahuluan, (b) Perancangan, (c) Evaluasi, (d) Revisi. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Sesuai hasil angket tentang pengembangan media Mobile-Learning di peroleh nilai sig = 0.00 dan R= 0.541, yang artinya motivasi mempengaruhi sebesar 54.1% terhadap hasil belajar mahasiswa. Diperoleh rata-rata hasil belajar yang lebih baik antara kelas eksperimen sebesar 84.27 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 80.05.

Dari hasil tersebut diperoleh media pembelajaran Mobile-Learning yang valid untuk belajar mandiri mahasiswa pada mata kuliah geometri datar sesuai teori perkembangan Akker .


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-04-14 — Updated on 2012-04-14

Versions

How to Cite

Buchori, A., & Susanto, H. A. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE-LEARNING BERBASIS SOFTWARE CLASSPAD CASIO PADA MATA KULIAH GEOMETRI DATAR DI PERGURUAN TINGGI. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.597