Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika

Penulis

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Qania Agustika Siagian Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.15647

Kata Kunci:

pemecahan masalah, proses berpikir, strategi pemecahan masalah

Abstrak

Kegiatan pembelajaran matematika sekolah cenderung menekankan siswa untuk mampu menyelesaikan permasalahan dengan rumus yang ada. Begitu pula dengan guru yang kurang memperhatikan dan melatih berbagai strategi pemecahan masalah. Sehingga, siswa kurang mampu mengekspresikan proses berpikir yang ia miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika yang diberikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari 6 orang siswa kelas X IPS SMA Islam Plus Adzkia Medan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes uraian yang berjumlah 3 soal dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses berpikir yang digunakan siswa dalam menyelesaikan permasalahan berbeda-beda. Terdapat beberapa strategi pemecahan masalah yang digunakan siswa sebagai bentuk dari proses berpikirnya. Pada soal pertama, terdapat tiga strategi yang digunakan siswa, yaitu act it out (melakukan percobaan), berpikir logis, dan sudut pandang berbeda. Pada soal kedua, seluruh siswa menggunakan strategi mendaftarkan semua kemungkinan jawaban yang ada dengan dijabarkan langsung atau menggunakan strategi membuat tabel. Untuk soal ketiga, terdapat dua strategi berpikir yaitu dengan menggunakan rumus dan strategi menemukan pola. Namun, diperoleh pula bahwa masih adanya siswa yang memiliki proses berpikir yang kurang tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriliana, R., Subekti, E. E., & Wardana, M. Y. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan dilihat dari Kemampuan Menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(1), 83–88.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–231. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Ayuningrum, S. M., & Setiawan, R. (2018). Analisis Penggunaan Strategi Menerka lalu Menguji Kembali dan Melihat dari Sudut Pandang Lain dalam Matematika Non Rutin untuk Penyelesaian Mencari Nilai x pada suatu Persamaan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM) Solusi, 2(1), 63–78.

Budhi, W. S., & Kartasasmita, B. G. (2015). Berpikir Matematis Matematika untuk Semua. Erlangga.

Dagoc, D. A., & Tan, D. A. (2018). Effects of Metacognitive Scaffolding on the Mathematics Performance of Grade 6 Pupils in a Cooperative Learning Environment. International Journal of English and Education, 7(4), 378–391.

Gurat, M. G. (2018). Mathematical problem-solving strategies among student teachers. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 11(3), 53–64. https://doi.org/10.7160/eriesj.2018.110302

Harel, G. (2008). What is Mathematics? A Pedagogical Answer to a Philosophical Question. University of California.

Ikhwanudin, T., & Suryadi, D. (2018). How Students with Mathematics Learning Disabilities Understands Fraction: A Case from the Indonesian Inclusive School. International Journal of Instruction, 11(3), 309–326. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11322a

Indrajaya, E. S., Ratu, N., & Kriswandani. (2012). Strategi Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII di SMP Kristen 2 Salatiga. Journal Universitas Kristen Satya Wacana, 5(9), 1–11.

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.

Maharani, K., & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Menyederhanakan Masalah Serupa dan Sudut Pandang Lain pada Permasalahan Non Rutin Penjumlahan Fungsi. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 56–67.

Ningsih, S. D. K. (2018). Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.983

Polya, G. (2015). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Rahmat, T., & Firmanti, P. (2017). Proses Berpikir Matematika PMTK IAIN Bukittinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 330–350.

Reys, R. E., Rogers, A., Bennett, S., Cooke, A., Robson, K., Ewing, B., & West, J. (2020). Helping Children Learn Mathematics. John Wiley & Sons Australia.

Ristiana, M., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2015). Strategi Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII A SMP Kristen 02 Salatiga. Satya Widya, 31(1), 8–16.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176

Santoso, E. (2017). Menjebatani Keabstrakan Matematika melaluiPembelajaran Matematika Realistik. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 49–56. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/573

Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif, dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79–89. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/235

Supriadi, D., Mardiyana, & Subanti, S. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Smp Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 204–214.

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 358–369.

Valencia-Vallejo, N., López-Vargas, O., & Sanabria-Rodríguez, L. (2018). Effect of Motivational Scaffolding on E-learning Environments: Self-Efficacy, Learning Achievement, and Cognitive Style. Journal of Educators Online, 15(1). https://doi.org/10.9743/JEO2018.15.1.5

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-31

Cara Mengutip

Khairunnisa, K., Herman, T., Juandi, D., & Siagian, Q. A. . (2022). Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 160-169. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.15647