GAMBARAN PEMANFAATAN SISTEM PENDAFTARAN PELAYANAN (ANTREAN) ONLINE OLEH PASIEN BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS PAAL X KOTA JAMBI TAHUN 2023

Penulis

  • Nur Putri Septiani Mahasiswa kedokteran UNJA
  • Sri Rosianti UPTD Puskesmas Paal X Kota Jambi
  • Rini Kartika Dinas Kesehatan Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/esehad.v4i2.29450

Kata Kunci:

Pemanfaatan, Pendaftaran, BPJS Kesehatan

Abstrak

Latar belakang: Masyarakat harus datang lebih awal untuk mengantri pendaftaran di Puskesmas dan harus menunggu dengan rentang waktu yang relatif lama. Di lain sisi, setelah adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat Puskesmas kewalahan dalam mengatasi penumpukan antrian pasien. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dikembangkan suatu sistem yang dapat membuat waktu tunggu pasien menjadi lebih singkat, cepat, dan efektif yaitu dengan sistem pendaftaran pelayanan (antrean) online melalui aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). akan tetapi, jumlah pasien yang melakukan pendaftaran online di Puskesmas Paal X masih sangat rendah.

Metode: Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan dua metode yaitu secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan kuesioner yang diisi oleh 40 responden. Data sekunder di dapatkan dari pencatatan dan pelaporan jumlah peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar dan jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Paal X dari bulan September - Oktober tahun 2023. Setelah proses pengumpulan data selesai, data diolah menggunakan SPSS dan dianalisis menggunakan metode siklus pemecahan masalah. 

Hasil: Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik sebesar 80% diikuti dengan tingkat pengetahuan yang kurang baik sebesar 20%. 19 responden (47.5%) belum pernah melakukan pendaftaran pelayanan (antrean) online dikarenakan tidak mengetahui langkah-langkahnya dan tidak mengetahui apabila di Puskesmas Paal X tersedia sistem tersebut. Rendahnya tingkat pemanfaatan sistem ini disebabkan oleh pemberian informasi dan promosi kepada pasien masih belum optimal. Hal ini diakibatkan tidak tersedianya media penunjang penyampaian informasi dan promosi di Puskesmas Paal X Kota Jambi.

Kesimpulan: Pengetahuan pasien di Puskesmas Paal X terkait sistem pendaftaran pelayanan (antrean) online sudah baik, akan tetapi pemanfaatan sistem tersebut masih kurang dikarenakan pemberian informasi dan promosi kepada pasien yang belum optimal.

Kata kunci: Pemanfaatan, Pendaftaran Online, BPJS Kesehatan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Narmansyah, Senja. “Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi JKN Mobile di Kota Makassar.†2022.

Lumi, Welmin M E., et al. “Edukasi Tentang Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Pada Pasien Rawat Jalan RSUD Abugerah Tomohon.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 3, 2022, pp. 1620-1626.

Rachmani, Enny, et al. “Persepsi Pasien di Puskesmas Kota Semarang Terhadap Pendaftaran Online Sebagai Implikasi Smart City.†VISIKES, vol. 18, no. 2, 2020, pp. 1-8.

Septian, Esa. “Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta.†Matra Pembaruan, vol. 5, no. 1, 2021, pp. 53-64.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-22