INOVASI PEMBELAJARAN PENGGUNAAN INSTRUMEN STROBE (Strengthening The Reporting Of Observasional Studies In Epidemiology) DAN PRISMA (Prefered Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses) PADA MATERI AJAR JURNAL READING PROGRAM STUDI PROFESI DO

Penulis

  • Armaidi Darmawan
  • Wahyu Indah Dewi Aurora fkik unja
  • Nuriyah Nuriyah

DOI:

https://doi.org/10.22437/esehad.v2i2.16916

Kata Kunci:

Inovasi Pembelajaran, Journal Reading, STROBE, PRISMA

Abstrak

ABSTRAK

Pendahuluan: Dalam dunia Pendidikan kedokteran, membaca dan mencari literasi adalah satu hal yang wajib dan penting untuk dilakukan oleh mahasiswa, karena seperti diketahui bahwa bidang kedokteran adalah ilmu yang selalu berubah-ubah dan selalu update sesuai dengan perkembangan zaman. Kemampuan peserta didik dalam menelaah sebuah jurnal menjadi keharusan untuk meningkatkan kemampuan literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keahlian mahasiswa dalam membaca, memahami, menganalisis dan mengkritisi jurnal atau penelitian terdahulu menggunakan instrument STROBE dan PRISMA.

Metode: Penelitian ini adalah jenis penelitan Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa profesi dokter stase IKM KK, Instrument yang digunakan adalah STROBE dan PRISMA. Adapun lembar observasi mencakup kesesuaian hasil telaah dan isi jurnal, pemahaman terhadap metodologi, pemahamaan terhadap analisis data, pemahaman terhadap hasil penelitian, pemahaman terhadap konten dan diskusi jurnal dan ketepatan mengambil kesimpulan dari jurnal

Hasil: Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kelompok mahasiswa yang menggunakan instrument STROBE dalam menelaah jurnal memiliki score 89, instrument PRISMA 87 dan istrumen lainnya score 78.

Kesimpulan: dari hasil terlihat bahwa dari 3 kelompok perlakuan kelompok yang menggunakan instrument STROBE dan PRISMA lebih baik dalam kemampuan menganalisis sebuah jurnal dibandingkan dengan instrument dibandingkan dengan kelompok yag tidak memakai kedua instrument tersebut.

 

Katakunci: Inovasi Pembelajaran, Journal Reading, STROBE, PRISMA

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Central Connecticut State University. (2017). World’s Most Literate Nations. Retrieved March 8, 2019, from Www.ccsu.edu website: http://www.ccsu.edu/wmln/rank.htm

Kemdikbud, D. D. (2016). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemdikbud

UK EQUATOR Centre from https://www.equator-network.org/, the Centre for Statistics in Medicine (CSM), NDORMS, University of Oxford

MJ, McKenzie JE, Bossuyt PM, Boutron I, Hoffmann TC, Mulrow CD, et al. The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ 2021;372:n71. doi: 10.1136/bmj.n71

Dahlan, MS. Membaca dan menelaah jurnal uji klinis. Jakarta: Salemba Medika. 2010.

Vandenbroucke JP, Elm EV, Altman DG, Gotzsche PC, Mulrow CD, Pocock SJ, Poole C, Schlesselman JJ, Egger M. Journal of Strengthening the Reporting of Observational Studies in Epidemiology (STROBE): Explanationand Elaboration. 2007.

Moher, Davidd, Cook, D. J., Eastwood, S., Olkin, I., Rennie, D., Stroup, D. F., & digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id 82 Group, Q. (2020). trials Improvingg the quality of reports of meta-analyses of randomizedd controlled trials : the QUOROM statement t.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1),

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01