PENYELIDIKAN EPIDEMIOLOGI KASUS COVID-19 PADA KLASTER PERKANTORAN DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Authors

  • Ena Juhaina

Keywords:

Covid-19; Virus Corona

Abstract

ABSTRAK

Covid-19 adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia yang merupakan  penyakit menular pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh novel  Coronavirus yang ditegakkan melalui pemeriksaan PCR positif (Konfirmasi positif). Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Virus penyebab COVID-19 ini dinamakan Sars-CoV-2. Penelitian menyebutkan bahwa SARS ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS dari unta ke manusia. Adapun, hewan yang menjadi sumber penularan COVID-19 ini masih belum diketahui. Tujuan penyelidikan ini adalah untuk Memberikan dukungan teknis pelaksanaan surveilans dalam upaya pencegahan  dan pengendalian peningkatan kasus Covid 19 di Kabupaten Musi Banyuasin. Kajian ini menggunakan rancangan studi cross-sectional dilaksanakan pada bulan September 2020.  Populasi studi adalah Pegawai Kantor Pemerintahan di Kabupaten Musi Banyuasin. Sampel adalah  Pegawai pada kantor sekretariat daerah dan Bappeda kabupaten Musi Banyuasin sebanyak 156 orang. Dilakukan Wawancara dengan menggunakan kuesioner serta pengambilan spesimen melalui swab hidung dan tenggorok untuk dilakukan pemeriksaan PCR bagi sampel yang terindikasi Covid-19 berdasarkan hasil Penyelidikan Epidemiologi. Berdasarkan hasil pemeriksaan PCR dari 8 spesimen yang dilakukan pemeriksaan PCR ditemukan 7 orang positif konfirmasi Covid-19. Petugas Puskesmas dapat melakukan surveilans ketat untuk menemukan dan mencegah adanya penambahan kasus.

 

Kata kunci : Covid-19; Virus Corona

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNPB RI. 2020, Situasi COVID 19 di Indonesia 15 September 2020. Satuan Tugas Penanganan covid 19. Dari : Covid19.bnpb.go.id.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan. 2020, Update Situasi Coronavirus Sumsel 15 September 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Selatan. Dari: https://dinkes.sumselprov.go.id/update-situasi-coronavirus-sumsel-15-September-2020/.

Forum Academia NTT. 2020, Panduan menghadapi penyakit virus corona 2019 Model RRC, pencegahan, pengendalian, diagnosis dan manajemen. NTT : Forum Academia.

Kemenkes RI. 2020, Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid 19). Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Downloads

Published

2021-06-30