Kelayakan Media Pembelajaran Flipbook Digital Nepenthes spp. Kalimantan Barat Untuk Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X
(Feasibility of Digital Flipbook Learning Media Nepenthes spp. West Kalimantan for Learning Biodiversity Materials for Class X)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.40266Abstract
Digital flipbook learning media can be used on material examples of biodiversity because it can display descriptions and images needed in the exploration of Indonesia's biodiversity, and in this study, researchers provided information on the diversity of Nepenthes spp. in the forests of West Kalimantan, the purpose of the study was to determine the feasibility of digital flipbook media Nepenthes spp. The form of research used in this study is research and development or research and development (R&D). This research and development adopts the development model developed by Alessi and Trollip, which refers to the production of a multimedia product for learning. In this study, three aspects are assessed by experts, namely media aspects, material aspects, and language aspects; the percentage of validator assessments in the media aspect is 91% with very valid criteria, in the material aspect is 90% with very valid criteria, and in the language aspect is 83% with very valid criteria, and based on the research that has been done, it can be concluded that the digital flipbook learning media on biodiversity material has very valid criteria and is suitable for use as a learning medium.
Abstrak. Media pembelajaran flipbook digital dapat digunakan pada materi contoh keanekaragaman hayati karena dapat menampilkan deskripsi dan gambar yang diperlukan dalam eksplorasi keanekaragaman hayati Indonesia, dan dalam penelitian ini peneliti memberikan informasi keanekaragaman Nepenthesspp. yang ada di hutan Kalimantan Barat, tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media flipbook digital Nepenthes spp. kalimantan barat sebagai media pembelajaran pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X SMA, Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip, dimana model pengembangan ini merujuk pada menghasilkan suatu produk multimedia untuk pembelajaran. Pada penelitian ini terdapat tiga aspek yang jadi penilaian para ahli yaitu aspek media, aspek materi dan aspek bahasa, persentase penilaian validator pada aspek media yaitu 91% dengan kriteria Sangat Valid, pada aspek materi yaitu 90% dengan kriteria Sangat Valid, dan pada aspek bahasa yaitu 83% dengan kriteria Sangat Valid, dan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pebelajaranFlipbook digital materi keaneragaman hayati memiliki kriteria sangat validdan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Admadja, I. P. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa Smk Di Bidang Keahlian Karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173–183.
Akramunnisa. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Sd Neg. Mannuruki.
Alatas, M., & Linda, R. (2017). Inventarisasi Nepenthes spp . di Stasiun Penelitian Cabang Panti. 6, 270–277.
Amanullah, M. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. JDPP, September.
Dani, G. R., Daningsih, E., & Tenriawaru, A. B. (2021). Studi Nepenthes sp . di Kawasan Bukit Sembilan Kabupaten Sambas. 1(2015), 643–652.
Fajriyatin, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital. 125–132.
Hadijah, S. (2001). Pengembangan Media Interakif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres Btn Ikip 1 Kota Makassar. 1–6.
Handayani, T. (2021). Peranan Tanaman Kantong Semar ( Nepenthes Spp) Dalam Kehidupan Manusia Dan Lingkungannya (Vol. 6).
Hartati, A. T. (2018). Kelayakan Flash Card Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X. Jurnal UNTAN.
Ikbal. (2020). Studi Keanekaragaman Kantong Semar (Nepenthes Sp.) Dan Identifikasi Serangga Yang Terperangkap Di Dalamnya Di Kawasan Bumi Perkemahan Sabaru Palangka Raya.
Khairunnisa, R., Alamsyah, T. P., Asih, I., & Syachruroji, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip-Book Digital Pada Subtema “Aku Anak Mandiri” Di Kelas 3 Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 07(01), 1–9.
Khoiriyah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Hasyim Asy‟Ari Batu.
Murniati, Syamswisna, & Nurdini, A. (2014). Pembuatan Flash Card Dari Hasil Inventarisasi Nepenthes Di Hutan Adat Desa Teluk Bakung. Jurnal UNTAN.
Nursafitri, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Menggunakan Aplikasi Flipbook Creator Pada Materi Pembelajaran Sel Di Kelas Xi/Mia.
Parto, Y., Hayati, R., Studi, P., Fakultas, A., Borneo, U., Studi, P., Fakultas, A., Universitas, P., Indralaya, K., & Selatan, S. (2015). Kajian Teknik Pemberian Hara Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Nepenthes mirabilis. 4(1), 16–24.
Pranata, V., Hendrayana, Y., & Ismail, A. Ya. (2019). Identifikasi Jenis Kantong Semar (Nepenthes Spp.) Di Kawasan Gunung Subang Kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan.
Pratiwi, O. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Web Pada Materi Evolusi Kelas Xii Di Sma Negeri 1 Meulaboh.
Rahma, K. A., Nugroho, A. S., & Mulyaningrum, E. R. (2023). E - Modul Keanekaragaman Hayati Sebagai Implementasi Hasil Penelitian Jenis Tumbuhan Obat dan Pemanfaatannya Desa Kayen. 15(1), 71–75.
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 06(04), 326–332.
Rosmaina, Zulfahmi, & ROza, R. (2007). Keanekaragaman Tanaman Kantong Semar (Nepenthes spp.) di UIN SUSKA Riau Pitcher Plant (Nepenthes spp) Diversity in the UIN SUSKA RIAU. UIN SUSKA, 2–9.
Rukiyah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Appinventor Berbasis Pada Android Materi Debat. 6(1), 57–62.
Salmiyati. (2019). Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes Spp) Di Kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi.
Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2019). Kelayakan Flipbook Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii Smp. Jurnal UNTAN, 1–11.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826.
Setiawan, H. (2013). Inventarisasi Nepenthes Di Hutan Adat Kantuk Dan Implementasinya Berupa Buku Saku Keanekaragaman Hayati Indonesia. Jurnal UNTAN, 1–18.
Singkam, A. R., & Wardhani, F. K. (2024). Pengembangan Booklet Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SLTA Berdasarkan Keragaman Pterygota di Taman Sains Air Sempiang Bengkulu. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(03), 471–479.
Tarigan, M. R. M., & Ritonga, Y. E. (2020). Eksplorasi Dan Karakterisasi Kantong Semar (Nepenthes Sp) Di Kawasan Hutan Jalan Merek-Sidikalang, Lae Pondom, Merek, Kabupaten Karo. Jurnal Biolokus, 3(1).
Wardhani, H. A. K. (2019). Identifikasi Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes) Di Lahan Gambut Desa Marti Guna Kecamatan Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 03(01), 22–25.
Yuniarrahman, S., Mtasun, & Hakim, L. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Fisika Untuk Siswa Kelas X Pada Materi Usaha Dan Energi Sma. Prisma Fisika, 9(3), 213–220.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhayati Nurhayati , Hanum Mukti Rahayu, Mahwar Qurbaniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).