Efektivitas Booklet Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati
(The Effectiveness of Local Potential Based Booklets on Biodiversity Material)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32399Abstract
The purpose of this study is to determine the effectiveness of local potential-based booklets on biodiversity material that has been developed previously. This research uses an experimental method. The form of research design used is a quasi-experimental design. This research was conducted at SMA Negeri 1 Sajingan with a research sample of X MIPA class students as many as 60 students each from the experimental and control classes. Based on the results of the study, it can be stated that the local potential-based booklet media developed is effective, this can be seen from the significant difference between the pretest and posttest results. This is evidenced by the acquisition of the Mann Whitney U test at a real level of 0.5 resulting in a significance figure of 0.005 And learning using booklet media has an effect of 55.4% with an Effect Size of 1.03 in the high category.
Abstrak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas booklet berbasis potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati yang telah dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sajingan dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA sebanyak 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dinyatakan bahwa media booklet berbasis potensi lokal yang dikembangkan bersifat efektif, hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan yang signifikan terhadap antara hasil pretest dan posttest.Hal ini dibuktikan dengan dari perolehan uji U Mann Whitney pada taraf nyata 0,5 menghasilkan angka signifikansi 0,00. Dan pembelajaran menggunakan media booklet memberikan pengaruh sebesar 55,4% dengan Effect Size 1,03 dalam kategori tinggi.
Downloads
References
Adjie Susilo dan Utomo Djoko.(2017). Karakteristik Habitat dan Sebaran Jenis Ikan Disungai Kapuas Bagian Tengah dan Hilir. Bawal 3(5):277-286
Adis Alveri M,dkk.(2014). Keanekaragaman Jenis Ikan Arus Deras di Aliran Riam Bananggar Kabupaten Landak. Jurnal Protobiont,3(2).209-2017
Andria Vivi, Murdy Khairi, Suparmi.(2018). Pengaruh Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas IPS SMAN 1 Pendalian IV Koto. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE),8(2)
Arsyad, Azhar.(2011). Media Pembelajaran.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Baderan, dkk.(2022). Keanekaragaman Tumbuhan Suku Piperaceae Di Kawasan Air Terjun Lombongo Provinsi Gorontalo. Jurnal Biologi Makasar,7(1):95-102
Ety Setyaningsih.(2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Jurnal Pedagogi Hayati.3(1)
Haryanto Rudy.(2018). Analisis Pemanfaatan Modul Berbasis Potensi Lokal Sebagai Alternatif Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan. Jurnal Pembelajaran Biologi.1(2), 62-68
Hartika W, Diba F dan Wahdina.(2017). Keanekaragaman Jenis Capung (Odonata) Pada Ruang Terbuka Hijau Kota Pontianak. Jurnal Hutan Lestari.5(2):156-163
Kusmini ES Iriana I, Gusttiano R dan Mulyasari.(2011).Karakterisasi Genetik Ikan Kelabau (Osteocillus kelabau) dari Berbagai lokasi di Kalimantan Barat Menggunakan Metode Rapd (Random Amplified Polymorphism DNA). Jurnal Berita Biologi.10(4):249-250
Lendra Minokta, Marlenywati, Abrori.(2018). Pengaruh Penggunaan Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Kecukupan Energi Remaja (Studi Pada Siswa-siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pontianak).Jurnal Jumantik.5(1):4-5
Napitu SPLS C, Chikmawati T dan Djuita Ratna, N.(2016). Keanekaragaman Genetik Kerabat Rambutan Liar (Nephelium Spp) di Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat Berdasarkan Marka SSR dan ISSR. Floribunda.5(4):115-119
Oktavia Mirani, Prasasty Teja A, Isroyati.(2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre Test And Post Test. Jurnal Simposim Nasional Ilmiah.7(1):596-601
Pralisaputri Ratnadewi K, Soegiyanto Heribertus, Muryani Katarina.(2016) Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco 2(2):147-154
Pramana Situmorang R, (2016) Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains.4(1):51-52
Pramudi Abimayu T, Yennita, Primairyani Ariefa .(2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery pada Pembelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Journal of Biology Education.5(3):279-285
Pratiwi Pinandita Y, Puspitasari Intan D.(2017) Efektivitas Penggunan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Ibu Balita Gizi Kurang Di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Jurnal Kesehatan.10(1):59-60
Rahman Aryf, Kartikawati Masitoh S, Rifanjani Slamet.(2018). Jenis Kupu-kupu di Berbagai Tipe Habitat Pada Kawasan Hutan Lindung Ambawang Desa Sungai Deras Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kuburaya. Jurnal Hutan Lestari.6(1):98-106
Rasyid Magfirah, Azis Asmawati A, Saleh Rahmat A.(2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indra Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi.7(2):69-70
Ratnasari, Fahrizal, Dirhamsyah M.(2017). Pemanfaatan Vegetasi Mangrove di Pulau Padang Tikar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kuburaya. Jurnal Tengkawang.7(2):110-115
Ristanto Andi, Yanti Hepi A dan Setyawati Rima T.(2018). Sea Urchin (Echinoidea) Distribution and Abundance in the Interdal Zone of Bengkayang Regency, Journal of Biology & Biology Education.10(1):53-40
Rosadi Paramita, Roslinda Emi, Wahdina.(2015). Potensi Daya Tarik Riam Berawant Untuk Wisata Alam Di Dusun Melayang Desa Sahan Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang. Jurnal Hutan Lestari.3(3):363-373
Ruliansyah Agus.(2015). Evaluasi Potensi Lokal Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat .E-JURNAL ARSITEKTUR LANSEKAP.2(1):54-60
Sadiman S. Arief.(2011). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya.Jakarta: rajawali Press:6
Safitri Banu N, Wasian, Palupi Tantri.(2017) Identifikasi Keanekaragaman Genetik Dengan Karakter Morfologi Artocarpush Heterophyllus Lamk Nangka Kalimantan Barat, Indonesia. AGROVIGOR.10(1):49-55
Situmorang Pramana Risya.(2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains.4(1):51-52
Sriwidadi Teguh.(2011). Penggunan Uji Mann Whitney Pada Analisis Pengaruh Pelatihan Wiraniaga Dalam Penjualan Produk Baru. Jurnal Binus.2(2):751-762
Sundayana.(2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pengembangan Matematika. Bandung: Alfabeta
Suryani Irma A, Syahribulan K, Mursalam Magrifah.(2019). Pengaruh Penggunan Metode Mind Mappingterhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JurnalJurnal Kajian Pendidikan Dasar.4(2):742-743
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adriani Adriana, Ari Sunandar, Mahwar Qurbaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).