Respon Mahasiswa Terhadap Modul Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Flipbook

(Student Responses to the Flipbook-Based Human Circulatory System Module)

Authors

  • Unikhe Frisillia Universitas Negeri Medan
  • Stephanie Agustin Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Cania Yekholia Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Theresia Adhellia Witin Universitas Negeri Medan
  • Daffa Afdhannisa Universitas Negeri Medan
  • Frince Winda Rosmanta Aritonang Universitas Negeri Medan
  • Melva Silitonga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.38714

Abstract

This study aims to determine how students respond to the use of flipbook modules in Human Anatomy and Physiology courses on the material of the human circulatory system. Flipbook-based modules use animation, sound, and images to communicate information dynamically that increases student engagement and understanding. This study involved 50 Biology Department students from the 2022 batch. A 4-point Likert-based questionnaire was used to collect data, and the questionnaire contained questions about the clarity of the module's objectives, understanding of the content, attractiveness, and learning independence. The results showed that 79% of students found the module material easy to understand, and 76% found it interesting and interactive. Although this module is effective overall, there are several things that need to be considered, including the way the content is delivered and elements that encourage students to learn independently. Therefore, the flipbook module has proven to be practical for use in education, although it still needs improvement to get better results.

Absrtak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap penggunaan modul flipbook dalam mata kuliah Anatomi dan Fisiologi Manusia pada materi sistem peredaran  darah  pada  manusia.  Modul  berbasis  flipbook menggunakan   animasi,   suara,   dan   gambar   untuk mengomunikasikan informasi secara dinamis yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa Jurusan Biologi dari stambuk 2022. Kuesioner berbasis Likert 4 poin digunakan untuk mengumpulkan data, dan kuesioner tersebut berisi pertanyaan tentang kejelasan tujuan modul, pemahaman konten, daya tarik, dan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 79% mahasiswa menganggap materi modul mudah dipahami, dan 76% menganggapnya menarik dan interaktif. Meskipun modul ini secara keseluruhan efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk cara penyampaian konten dan elemen yang mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Oleh karena itu, modul flipbook terbukti praktis untuk digunakan dalam pendidikan,  meskipun  masih  perlu  penyempurnaan  untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, M. K., Jumiyati, F., Rosita, N. A., & Wijayanti, M. D. Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Penerapan Nilai Pancasila. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 3).

Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 650-655

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada Materi FLuida Statis dan FLuida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216

Darwanto, D., & Meilasari, V. (2022). Bahan Ajar Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Jarak Jauh dan Mandiri (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Teori Graf). Jurnal Basicedu, 6(1), 1055–1063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2119

Farida, N., & Ratnawuri, T. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 191-195.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Moi, M. Y., & Masing, F. A. (2023). Pengembangan E-Modul Praktikum Mikrobiologi Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Basicedu, 7(6), 3683-3691.

Nasir, M., Fakhrunnisa, R., & Nastiti, L. R. (2019). The Implementation of Project-based Learning and Guided Inquiry to Improve Science Process Skills and Student Cognitive Learning Outcomes. In INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION (Vol. 14, Issue 5). http://www.ijese.com

Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. 2021. Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi . Vol 8. No 1. 69-74.

Putra, K. W. B., Wirawa, I. M. A., dan Pradnyana, G. A. 2017. Pengembangan E-modul berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 14. No 1. Hal 40-49.

Putra, Y. I., Ridoh, A., Caniago, R., & Satria, T. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FLASH FLIPBOOK BERBASIS WEB MOBILE PADA MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 191-197.

R. Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER. ALOTROP, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709

Sari, D. K. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 44. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.50560

Utami, W.T & Yuwaningsih, D.A. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pada Pokok Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro Untuk Siswa SMA Kelas XI. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan.

Waliulu, Y. S. (2022). Penerapan perangkat pembelajaran e-modul berbasis flipbook teori komunikasi terhadap minat belajar mahasiswa. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 66-70.

Wijaya, J., & Lokollo, L. (2024). PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF (E-MODUL) BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR KIMIA ORGANIK MATERI ASAM KARBOKSILAT. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 14(1), 38-46.

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Frisillia, U., Sianturi, S. A. ., Tarigan, C. Y. ., Witin, T. A., Afdhannisa, D. ., Rosmanta Aritonang, F. W., & Silitonga, M. . (2024). Respon Mahasiswa Terhadap Modul Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Berbasis Flipbook: (Student Responses to the Flipbook-Based Human Circulatory System Module). BIODIK, 10(4), 629-634. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.38714