Tantangan Dan Strategi Guru Dalam Pembuatan Materi Pemantik Berbasis PBL Di SMAS 1-2 Kartika Medan

(Teacher Challenges and Strategies in Making PBL-Based Lighting Materials at SMAS 1-2 Kartika Medan)

Authors

  • Lisa Asmida Universitas Negeri Medan
  • Robella Sulastri Sitanggang Universitas Negeri Medan
  • Stephanie Agustin Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Rizal Mukra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33896

Abstract

The right learning strategy can improve teaching effectiveness. In learning, there are several goals that must be achieved. Of course, in PBL (Problem Based Learning) based biology learning, there are many obstacles faced by teachers in achieving their learning goals, the weakness of making lighter materials designed by teachers with various student characteristics.  The method used in this research is a qualitative method in the form of interviews and observations that have been carried out at SMAS Kartika 1-2 Medan which is located on Jl. Brigadier General H.A.Manav Rubis, Central Helvetian District. Medan Helvetia, Medan City, North Sumatra on March 26, 2024 with the subject of biology teacher research class XI IPA. Based on the analysis of the existing problems, there are challenges in making lighter materials with different student characteristics. It can be concluded that teachers have difficulty in making lighter materials with various student characteristics as a form of stimulation to encourage active participation in the student learning process in order to achieve the objectives of learning.

abstrak. Strategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efektivitas pengajaran. Dalam belajar, ada beberapa tujuan yang harus dicapai. Tentunya dalam pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) banyak kendala yang dihadapi guru dalam mencapai tujuan pembelajarannya, kelemahan pembuatan materi pemantik yang dirancang oleh guru dengan berbagai karakteristik siswa.  Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif berupa wawancara serta observasi yang telah di laksanakan  di SMAS Kartika 1-2 Medan yang berlokasi di Jl. Brigadir Jenderal H.A.Manav Rubis, Distrik Helvetian Tengah. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara pada tanggal 26 Maret 2024 dengan subjek penelitian guru biologi kelas XI IPA . Berdasarkan hasil analisis mengenai permasalahan yang ada, terdapat tantangan dalam pembuatan materi pemantik dengan perbedaan karakteristik siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru kesulitan dalam pembuatan materi pemantik  dengan berbagai karakteristik siswa sebagai bentuk stimulasi untuk mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar siswa guna mencapai tujuan dari pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afcariono, M. (2008). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2), 65-68.

Isnaeni, W., Prasetyo, A. P. B., & Atikasari, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Dalam Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Kemampuan Analisis. Journal of Biology Education, 1(3).

Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79.

Maulidia, F. R., Prafitasari, A. N., & Wulandari, F. (2024). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Profil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Imun Biologi SMA. Jurnal Biologi, 1(4), 1-11.

Mukra, R., & Nasution, M. Y. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas X SMA Prayatna Medan TP 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(2), 122-127.

Novita, L., & Tindangen, M. (2022, December). Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 3, pp. 127-132).

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasi, 1 (2), 127-134.

Putri Sintia. (2017). Analisis Kesiapan Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi secara Online pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus. 7 (1), 177- 185.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2 (1), 7–17.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127-139.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Asmida, L., Sitanggang , R. S., Sianturi , S. A. ., & Mukra, R. (2024). Tantangan Dan Strategi Guru Dalam Pembuatan Materi Pemantik Berbasis PBL Di SMAS 1-2 Kartika Medan: (Teacher Challenges and Strategies in Making PBL-Based Lighting Materials at SMAS 1-2 Kartika Medan). BIODIK, 10(2), 181-187. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33896

Issue

Section

Articles