Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sintaks Think Pair And Share (TPS) Pada Materi Sistem Eksresi Untuk Peserta Didik SMA

(Analysis of Student Worksheet Needs (LKPD) Based on Think Pair And Share (TPS) Syntax on Excretion System Material for High School Students)

Authors

  • Nola Desriva Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20119

Abstract

This study aims to provide teaching materials in the form of biological worksheets based on TPS syntax on valid and practical excretory system materials at SMAN 1 Batang Anai. This type of research is descriptive quantitative. The method used to collect data is through distributing questionnaires to class XI students and distributing questionnaires to biology teachers. The results of the questionnaire and student analysis showed that the excretory system material was one of the materials considered constrained in learning. In learning, students are often monotonous without any interaction with their classmates, so variations in teaching materials are needed so that students are more active in learning and socially active. One solution to this problem is to develop teaching materials in the form of student worksheets based on valid and practical think pair and share syntax.

Key words: needs analysis, TPS-based LKPD, excretory system

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) biologi berbasis sintaks Think Pair and Share (TPS) pada materi sistem ekskresi yang valid dan praktis di SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalag deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu melalui penyebaran angket kepada peserta didik kelas XI dan penyebaran angket kepada guru biologi. Hasil analisis angket dan peserta didik menunjukan bahwa materi sistem ekskresi merupakan salah satu materi yang dianggap terkendala dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran seringkali peserta didik monoton tanpa adanya interaksi dengan teman kelasnya, sehingga diperlukan variasi dalam bahan ajar agar peserta didik lebih giat belajar dan aktif dalam sosial. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis sintaks think pair and share yang valid dan praktis.

Kata kunci: analisis kebutuhan, LKPD berbasis TPS, sistem ekskresi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslindawaty, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning CYCLE 5E(Engament, Exploratin, Explanatin, Elboration, Evaluation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

Istikharah, R., & Simatupang, Z. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1-6.

Mukti, F., Connie, & Medriati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 57-63.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 84-97.

Purwaningsih. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Smk Kelas X Pokok Bahasan Suhu Dan Termometer. Prosiding Pertemuan Ilmiah Xxix Hfi. 1-38.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Menigkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Ligkungan Sekitar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 189-204.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Desriva, N., & Relsas Yogica, R. Y. (2023). Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sintaks Think Pair And Share (TPS) Pada Materi Sistem Eksresi Untuk Peserta Didik SMA: (Analysis of Student Worksheet Needs (LKPD) Based on Think Pair And Share (TPS) Syntax on Excretion System Material for High School Students). BIODIK, 9(2), 89-92. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20119

Issue

Section

Articles