Analisis Kebutuhan Komik Islami sebagai Suplemen Media Pembelajaran Sistem Sirkulasi untuk SMA/MA

(Analysis of the Requirement for Islamic Comic as a Supplement of The Circulation System Learning Media for SMA/MA)

Authors

  • Andara Vasya Mardiah Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20385

Abstract

MAN 2 Padang is a school that has different characteristics from the usual public schools. The school which is under the auspices of the Ministry of Religion has an Islamic nuance with its vision, namely "Superior Madrasas and have good morals". This is of course very much in line with the goals of national education in terms of the affective domain contained in the 2013 curriculum in KI-1 and KI-2 which requires the application of social and spiritual attitudes to students. This study aims to determine the need for Islamic comics as a supplement to the circulation system learning media for SMA/MA. The method used is interviews and filling out observation questionnaires by teachers and students. Data analysis used descriptive analysis and the percentage of the results of the number of answers given to all respondents was multiplied by 100%. The results of this study are the unavailability of learning media that includes the application of social and spiritual attitudes that attract students' interest and motivation to learn, especially on the material of the circulation system. So it can be said that the need for the development of Islamic comics as a supplement to the circulation system learning media for SMA/MA.

Key words: Develeopment, Islamic Comic, Circulation System

 

ABSTRAK

MAN 2 Padang merupakan sekolah yang memiliki karakteristik berbeda dengan sekolah umum biasanya. Sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama ini bernuansa islami dengan visinya yaitu “Madrasah yang unggul dan berakhlaqul karimahâ€. Hal ini tentu sangat sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dari segi ranah afektif yang tertuang dalam kurikulum 2013 pada KI-1 dan KI-2 yang menuntut adanya penerapan sikap sosial dan spiritual pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan komik Islami sebagai suplemen media pembelajaran sistem sirkulasi untuk SMA/MA. Metode yang digunakan adalah berupa wawancara dan pengisian angket observasi oleh guru dan peserta didik. Data analisis menggunakan analisis dekripstif dan persentase dari hasil jumlah jawaban yang diberikan dibagi jumlah seluruh responden dikali 100%. Hasil penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran yang mencakup penerapan sikap sosial dan spiritual yang menarik minat dan motivasi belajar peserta didik khususnya pada materi sistem sirkulasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perlunya pengembangan komik islami sebagai suplemen media pembelajaran sistem sirkulasi untuk SMA/MA.

Kata kunci: Pengembangan, Komik Islami, Sistem Sirkulasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaydrus, Firza Muhammad. (2018). Komik Islami (KOLAMI) sebagai Media Pembelajaran Agama bagi Anak Jalanan. Jurnal Al-Hikmah, 6 (2).

Cahyono, S. B., & Rumahorbo, B. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Proses Pembelajaran Biologi Kelas X Ipa Sma Se- Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(3).

Farsa, Humaira, Johari, A., dan Kamid. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Komik dilengkapi Video Faktual pada Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8 (2).

Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Lanti, Elly. (2017). Media Pengembangan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar. Gorontalo: Athra Samudra Publishing.

Loukas, Marios., Saad, Yousuf., Tubbs, R. Shane., Mohamadali, M. Shoja. (2009). The heart and cardiovascular system in the Qur'an and Hadeeth. USA. Pediatric Neurosurgery, Birmingham.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).

Mubaidilla, Irfa’i Alfian. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Islami dalam Mata Pelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak untuk Kelas IV SD/MI. Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Nilai Islam, 28(3).

Purwaningrum. (2015). Elaborasi Ayat-Ayat Sains dalam Al-Quran: Langkah Menuju Integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan. Inovatif, 1(1).

Romario, dan Aisyah Lisda. (2019). Komik Islam di Media Sosial Instagram: Dakwah Kreatif Melalui Komik Islam. Jurnal Studi Islam, 6(2).

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Saputro, A.D. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Berpikir Kritis Siswa di Sekolah. Ulul Albab, 17(1).

Satrinawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4).

Sudjana, N., Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Trianisa, Atyka. (2019). Pengembangan Komik Evolusi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) untuk SMA/MA. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Wahidin, Unand., Syaefuddin, Ahmad. (2018). Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).

Wardani, Tri Kurnia. (2012). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Sosiologi pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural. Jurnal Komunitas, 4(2).

Yudianto, S. A. (2005). Manajemen Alam (Sains) Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Mardiah, A. V., & Relsas Yogica, R. Y. (2023). Analisis Kebutuhan Komik Islami sebagai Suplemen Media Pembelajaran Sistem Sirkulasi untuk SMA/MA: (Analysis of the Requirement for Islamic Comic as a Supplement of The Circulation System Learning Media for SMA/MA). BIODIK, 9(2), 42-49. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20385

Issue

Section

Articles