Analisis Minat Wirausaha Dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Berorientasi Bioentrepreneurship

(Analysis of Entrepreneurial Interest and Creativity in Learning Using a Bioentrepreneurship-Oriented Project Based Learning Model)

Authors

  • Sifa Agustiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Suhendar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19052

Abstract

This study aims to analyze the entrepreneurial interest and creativity of class X high school students in learning using a project-based learning model oriented towards bio-entrepreneurship. The research method used is a descriptive method using an instrument in the form of a statement questionnaire, and the measurement scale used is a likert scale on 5 answer scales. The statements on the entrepreneurial interest questionnaire were 20 statements and the creativity questionnaire was 13 statements. For the research subjects, class X students of SMA IT Mahmudiyyah were taken, namely 32 students as a sample. The results showed that the percentage of entrepreneurial interest scores of class X students was 79% and creativity was 71%  with good criteria. So it can be concluded that using a bio-entrepreneurship-oriented project-based learning  model  has a good effect on students' interest in entrepreneurship and creativity.

Keywords : Project based learning model, bioentrepreneurship, creativity, Miat Entrepreneurship

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat wirausaha dan kreativitas siswa SMA kelas X  dalam pembelajaran menggunakan model project based learning yang berorientasi pada bioentrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif  menggunakan instrumen berupa angket pernyataan, dan skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert pada 5 skala jawaban. Pernyataan pada angket minat wirausaha sebanyak 20 pernyataan dan angket kreativitas 13 pernyataan. Untuk subjek penelitian diambil siswa kelas X SMA IT Mahmudiyyah yaitu 32 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor minat berwirausaha siswa kelas X adalah 79 % dan kreativitas  71%  dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model project based learning berorientasi bioentrepreneurship berpengaruh baik terhadap minat berwirausaha dan kreativitas siswa. 

Kata Kunci : Model Project based learning, bioentrepreneurship, Kreativitas, Minat Wirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. W., Sarwanto, S., & Supriyanto, A. (2021). Problem Based Learning on Newton’s Law: Can It Improve Student Creativity? Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 528–539. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20974

Alam, S. (2016). Tingkat Pendidikan dan Pengangguran di Indonesia (Telaah Serapan Tenaga Kerja SMA/SMK dan Sarjana). Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), XIX, 250–257.

Aprilian Mustofa, A. L., & Ekawati, N. (2017). Keberanian Mengambil Risiko Memediasi Pengaruh Efikasi Diri Dan Kebutuhan Akan Prestasi Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(10), 253900.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azizah, N. (2018). Optimalisasi Inovasi Project Based Learning Guna Meningkatkan Life Skills , Entrepreneurship Dan Mengelola Online Shops. Inovasi Pendidikan, 5(1), 152–158.

Baktiningsih, Arafat, Y., & Wahidy, A. (2021). Jurnal Administrasi Pendidikan. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 27(1), 42–52. https://www.researchgate.net/profile/Silmi-Amrullah-2/publication/352678331_Efektivitas_Evaluasi_Diri_Program_Studi_Studi_Kasus_Analisis_Swot_dan_Perencanaan_Strategis/links/60d2c71992851c34e07cecb4/Efektivitas-Evaluasi-Diri-Program-Studi-Studi-Kasus-Anal

Boty, M., & Handoyo, A. (2018). Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 41–55. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2265

Cropley, A. (2020). Creativity-focused Technology Education in the Age of Industry 4 . 0 Creativity-focused Technology Education in the Age of Industry 4 . 0. Creativity Research Journal, 00(00), 1–8. https://doi.org/10.1080/10400419.2020.1751546

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.

Ellya, F. F., Ramdhan, B., & Ratnasari, J. (2021). Profil Keterampilan Kreativitas dan Inovasi Pada Produk Peserta Didik Berbantuan Aplikasi Tiktok Di MAN 2 Kota Sukabumi. Biodik, 7(3), 114–122. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13418

Fiara, A., Nurhasanah, & Bustamam, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin pada Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–6.

Gultom, E. (2021). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru). Journal of Business and Economics Research …, 2(2), 40–46. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/788

Henriksen, D., Henderson, M., Creely, E., Ceretkova, S., Černochová, M., Sendova, E., Sointu, E. T., & Tienken, C. H. (2018). Creativity and Technology in Education: An International Perspective. Technology, Knowledge and Learning, 23(3), 409–424. https://doi.org/10.1007/s10758-018-9380-1

Hernández-Torrano, D., & Ibrayeva, L. (2020). Creativity and education: A bibliometric mapping of the research literature (1975–2019). Thinking Skills and Creativity, 35, 100625. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100625

Humas Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Menteri Teten: Jumlah Kewirausahaan Perempuan Perlu Ditingkatkan. KEMENKOPUKM. https://kemenkopukm.go.id/read/menteri-teten-jumlah-kewirausahaan-perempuan-perlu-ditingkatkan#:~:text=Dari data Badan Pusat Statistik,cukup tinggi%2C yaitu 21 persen.

Indah Pratiwi, A., & Sunarno, W. (2014). Analisis Kemampuan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Ditinjau Dari Segi Gender. 70–75.

Irjianto, S. (2011). Kewirausahawanan Dan Karakteristik Individu Wirausaha Rambak Di Desa Bangsal Mojokerto. Manajemen Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.22219/jmb.v1i2.1332

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Universitas PGRI Semarang, 7(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Lestari, W. B. (2019). Metode project-based learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar berwirausaha pada pembelajaran prakarya kewirausahaan. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 107–119. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3766

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Mashud, I. (2016). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day Sekolah Dasar Islam YAKMI Kota Tangerang ). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 501–510. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8970/6530

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., & Ambiyar, A. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

Mutiarasari, A. (2018). Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 1(2), 1–114. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90

Niode, I. Y. (2007). Peran Wirausaha Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Masalah Pengangguran. Jurnal Inovasi, 4(1), 1.

Prihatiningrum, P., Susilowati, S. M. E., & Prasetyo, A. P. B. (2020). Effect of Bioentrepreneurship on Biology Learning Achievement, Creativity, and Entrepreneurial Interest. Journal of Innovative Science Education, 9(3), 250–259. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/35383

Proudfoot, D., Kay, A. C., & Koval, C. Z. (2015). A Gender Bias in the Attribution of Creativity: Archival and Experimental Evidence for the Perceived Association Between Masculinity and Creative Thinking. Psychological Science, 26(11), 1751–1761. https://doi.org/10.1177/0956797615598739

Rizal, M., Setianingsih, D., & Chandra, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 525–534.

Salirawati, D. (2012). Self-confidence, curiosity, and entrepreneurship: three important characters for the students. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 2, 213–224.

Saraswati, A. (2020). Pengaruh Pengelolaan Koperasi Sekolah terhadap Minat Wirausaha Siswa di SMK Negeri 10 Makassar. Social Landscape Journal.

Septiania, A. (2018). Apakah Laki-Laki Lebih Unggul Secara Matematis Daripada Perempuan? https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14479.74406

So, K., & Hu, Y. (2019). Understanding creativity in an Asian school context: Korean teachers’ perspectives. Thinking Skills and Creativity, 33(June), 100573. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100573

Suhendar, S. (2017). the Experimentation of Project Based Learning Based-Eco-Campus Toward the Students’ Problem Solving Skills Andthe Emotional Environmental Climate. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(1), 32. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i1.728

Suprapto, S., Zubaidah, S., & ... (2018). Pengaruh Gender Terrhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran iologi. … , Dan Pengembangan, 3(1), 325–329. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10642

Suriani, N. K., Santyasa, I. W., & Parwati, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 25–29.

Susilo, D. A., Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2018). Peningkatan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 62. https://doi.org/10.18592/jpm.v5i2.1550

Tambunan, F., & Hasibuan, R. (2019). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Berwirausaha. Ikra-Ith Ekonomika, 2(2), 35–41. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/402

Wahyuningsih, S. (2020). Inovasi Dan Kreativitas Merupakan Kunci Penting Dalam Pengembangan Wirausaha. Didaktik, 14(2), 2474–2483. https://ojs.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/89

Wardhani, I. Y., Amanda, S. M., & Kusuma, A. R. (2020). Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Alternatif Bisnis Di Masa Pandemi. Journal Of Biology Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8475

Wardhani, J. P. K., Riani, A. L., & Susilaningsih. (2018). Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP), 54–59. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27894/21756

Wulandari, A., & Deliabilda, S. A. (2020). Keberanian Mengambil Risiko Bisnis pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(3), 217. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i3.494

Yuniartiek, E., Rini Indriyanti, D., & Alimah, S. (2015). Pengembangan Pembelajaran Daur Ulang Limbah Berorientasi Bioentrepreneurship Dengan Model Project Based Learning. Journal Unnes, 44(2), 104–110.

Downloads

Published

2022-12-13

How to Cite

Agustiani, S., Ramdhan, B. ., & Suhendar, S. (2022). Analisis Minat Wirausaha Dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Berorientasi Bioentrepreneurship: (Analysis of Entrepreneurial Interest and Creativity in Learning Using a Bioentrepreneurship-Oriented Project Based Learning Model). BIODIK, 8(4), 19-29. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19052

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>