Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Di Kabupaten Sukabumi Pada Materi Sistem Ekskresi

(Profile of Problem Solving Ability of High School Students in Sukabumi Regency on Excretion System Material)

Authors

  • Holilah Zahra Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Suhendar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.19002

Abstract

Problem-solving ability is a competency that must be possessed by students in the 21st century. The purpose of this study was to determine the Profile of Students' Problem Solving Ability which was carried out in one of the high schools in Sukabumi Regency on 18 and 20 May 2022. The research method used was a quantitative descriptive method. The research subjects were high school students in Sukabumi District, class XI totaling 60 students. The sampling technique used is purposive sampling. The instrument used is in the form of a description of 10 questions using five problem-solving indicators. These results indicate that students' problem-solving abilities still need to be improved, such as applying more effective learning models, media, and learning environments where these play a very important role in improving students' problem-solving abilities.

Keywords: Problem-solving ability, quantitative descriptive, Excretion System

 

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kompetensi yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang dilaksanakan di salah satu SMA di Kabupaten Sukabumi pada tanggal 18 dan 20 Mei tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMA di Kabupaten Sukabumi kelas XI berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal uraian sebanyak 10 soal dengan menggunakan lima indikator pemecahan masalah. Dari Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA di Kabupaten Sukabumi dalam kategori cukup dengan rata-rata persentase sebesar 53,46%. Hasil tersebut menandakan kemampuan pemecahan masalah siswa masih perlu ditingkatkan kembali,seperti menerapkan model pembelajaran yang lebih efektif, media dan lingkungan belajar dimana hal tersebut sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. 

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, deskriptif kuantitatif, Sistem Ekskresi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika, 2(1), 38–47.

Arestu Olyvia, O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58–66.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Pt. Rineka Cipta.

Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2014). Inroduction To Research In Education (Tenth). Cengage Learning Inc.

Belgin Bal, I. (2016). Problem Solving Skills Of Secondary School Students. China-Usa Business Review, 15(6), 275–285.

Chao, J. Y., Tzeng, P. W., & Po, H. Y. (2017). The Study Of Problem Solving Process Of E-Book Pbl Course Of Atayal Senior High School Students In Taiwan. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 13(3), 1001–1012. Https://Doi.Org/10.12973/Eurasia.2017.00654a

Gok, T. (2014). Students’ Achievement, Skill And Confidence In Using Stepwise Problem-Solving Strategies. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 10(6), 617–624. Https://Doi.Org/10.12973/Eurasia.2014.1223a

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills. A Guide Evaluating Mastery And Authentic Learning. Library Of Congress Cataloging: Copyright 2012 By Corwin A Sage Company.

Greiff, S., Holt, D. V, & Funke, J. (2013). Perspectives On Problem Solving In Educational Assessment: Analytical, Interactive, And Collaborative Problem Solving. Journal Of Problem Solving, 5(2).

Kemendikbud. (2013). Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Dan Pedoman Umum Pembelajaran.

Lawi, S., & Putra, S. H. J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Santa Maria Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(2). Https://Doi.Org/10.55241/Spibio.V1i2.11

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran.

Nasution. (1999). Kurikulum Dan Pengajaran. Bumi Aksara.

Nur Isnaini, H., Budhi, A., Sahami, A., & Susilo, S. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121–128.

Paidi. (2011). Development Of Problem-Based Learning Kits For Biology. Jurnal Kependidikan, 41(2), 185–201.

Palennari, M., Lasmi, L., & Rachmawaty, R. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Wonomulyo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 208–216. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.5.2.208-216

Praja, W. N., Athari, S. N., & Alifah, S. N. (2021). Dinamika Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Pkn (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 112. Https://Doi.Org/10.26418/Jppkn.V2i2.45275

Rahma, I., Windyariani, S., & Suhendar, S. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Pada Materi Ekosistem. Biodik, 6(3), 281–289. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i3.9551

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Septiani, R. A. T., Suhendar, & Ramdhan, B. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sma Di Kota Sukabumi. Jurnal Biotek, 8(1), 34–43.

Suyadi, S. P. P. K. (2013). Bandung: Pt. In Remaja Rosdakarya.

Syaiful, H. M., Ibnu, S., & Yahmin, Y. (2015). Pengaruh Kelompok Peminatan Mata Pelajaran Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 31–41.

Wawan, H., Zaenal, A., & Junaedi, E. (2018). Peran Gender Dan Kesadaran Metakognitif Peserta Didik Sma Di Kabupaten Kuningan Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 3(1), 31–41.

Zakiyah, H., & Ulfa, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Lantanida Journal, 5(2), 106–118.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Holilah Zahra, Suhendar, S., & Windyariani, S. . (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Di Kabupaten Sukabumi Pada Materi Sistem Ekskresi: (Profile of Problem Solving Ability of High School Students in Sukabumi Regency on Excretion System Material). BIODIK, 8(3), 165 - 172. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.19002

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>