Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum Di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

(Analysis of Student Scientific Attitudes in Practicum of General Biology Course at UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)

Authors

  • Devi Novallyan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Reny Safita UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Dwi Gusfarenie UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Sumitro Sumitro IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.16045

Abstract

This study aims to determine the scientific attitude of students in general Biology courses at UIN STS Jambi. This research was conducted in integrated laboratory UIN STS Jambi. The population in this study were undergraduate students in Biology Tadris UIN STS Jambi. This research is a quantitative descriptive study, by taking data by observation and questionnaire. The aspects of scientific attitude used in data collection are curiosity, honesty, responsibility, confidence, cooperation, and openness. Research results show that, the value of scientific attitude on the aspect of curiosity is 85.2% with a very good category, an honest attitude of 73.1% with a good category, 87.1% responsibility with a very good category, open 74.5% with good category, 65.5% confidence with enough category and 84.5% cooperation with very good category. Overall, the scientific attitude of students in practicing practical activities in general Biology courses was 78.3% with a good category.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah yang dimiliki mahasiswa pada praktikum mata kuliah  Biologi umum di UIN STS Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dilabolatorium terpadu UIN STS Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Tadris Biologi Tadris Biologi UIN STS Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan data secara observasi dan angket. Aspek sikap ilmiah yang digunakan dalam pengambilan data yaitu rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri, kerja sama, dan  terbuka. Hasil penelitin menunjukkan bahwa, nilai sikap ilmiah pada aspek rasa ingin tahu adalah 85,2% dengan kategori sangat baik, sikap jujur 73,1% dengan kategori baik, tanggung jawab 87,1% dengan kategori sangat baik, terbuka 74,5% dengan kategori baik, percaya diri 65,5% dengan kategori cukup dan kerja sama 84,5% dengan kategori sangat baik. Secara keseluhan sikap ilmiah mahasiswa dalam kegiatan pelaksaan praktikum pada mata kuliah Biologi umum adalah 78,3% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anagun, S.S., and Yasar, S. 2009. Reliability and validity studies of the science and

technology course scientific attitude scale. Journal of Turkish Science Education, 6 (2):

-45.

Dwiyanti, G. 1999. Pengembangan Model Pelaksanaan Praktikum Kimia Organik Skala Mikro

di LPTK. Laporan Penelitian. Bandung: FPMIPA IKIP Bandung.

Fakhruddin, Eprina, E., Syahril. 2010. Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan

Penggunaan Media Komputer melalui Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X

SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains, 4(1): 18-22.

Kartono. 2012. Pengembangan Model Penilaian Sikap Ilmiah IPA bagi Mahasiswa PGSD.

Jurnal FKIP UNS

Martin, J. 1997. Working With Functional Grammar. London: Arnold.

Pujiatuti, Pratiwi. 2013. Pembelajaran IPA Bemakna Bagi Siswa. PGSD FIP , pp. 1-15.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang:Universitas Negeri Malang.

Sudijono, A. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Sulianto,J.

Sukaesih. 2011. Analisis Sikap Ilmiah dan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model

Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Penelitian Pendidikan. 28(1), 77-85

Wahyudi. 2011. Pembelajaran Fisika menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dengan

Metode Inkuiri dan Eksperimen ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan

Menggunakan Alat Ukur Listrik. Tesis PPS UNS

Yuliani, H. Sunarno, W, Suparmi. 2012. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan

Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Sikap Ilmiah dan

Kemampuan Analisis. Jurnal Inkuiri. 1 (3): 207-216

Yunita, F. 2012. Hubungan Antara Sikap Ilmiah Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Di Kelas XI

IPA MA Negeri Kampar. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan. Pekanbaru: Universitas Riau.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Novallyan, D., Safita, R., Gusfarenie, D., & Sumitro, S. (2021). Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Pada Praktikum Mata Kuliah Biologi Umum Di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi: (Analysis of Student Scientific Attitudes in Practicum of General Biology Course at UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). BIODIK, 7(4), 177-182. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.16045