PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 KERINCI

Authors

  • Sumitro Sumitro BIODIK FKIP Universitas Jambi
  • Devie Novallyan
  • Emayulia Sastria

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4873

Abstract

ABSTRAK. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis konstruktivisme pada materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Kerinci, dilatar belakangi dengan keterbatasan bahan ajar yang tersedia di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan modul menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid, aspek isi dengan rata-rata validitasnya 90 %, aspek penyajian dengan rata-rata 94,4%, dan aspek bahasa dengan rata-rata validitasnya 82%.  Penelitian melibatkan dua puluh empat orang siswa. Hasil motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan modul berbasis konstruktivisme diperoleh nilai rata-rata yaitu 85% dengan kategori sangat efektif dan nilai hasil belajar dengan rata-rata 82,5. Maka dapat diketahui bahwa efektivitas penggunaan modul berbasis konstruktivisme pada materi sistem pencernaan pada manusia dalam pembelajaran biologi sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-18 — Updated on 2018-04-18

Versions

How to Cite

Sumitro, S., Novallyan, D., & Sastria, E. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 KERINCI. BIODIK, 3(1), 9-16. https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4873

Issue

Section

Articles