This is an outdated version published on 2021-06-01. Read the most recent version.

Efektifitas Media Booklet Terhadap Pengetahuan Jenis Tumbuhan Paku Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi

(The Effectiveness of Booklet Media on Knowledge Types of Ferns in Students Biology Education Study Program)

Authors

  • Muswita Universitas Jambi
  • Upik Yelianti Universitas Jambi
  • Pinta Murni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12328

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pempelajaran taksonomi tumbuhan adalah  kesulitan   mengenal berbagai jenis tumbuhan paku. tujuan penelitian adalah  untuk  mengetahui efektifitas  booklet terhadap pengetahuan  jenis tumbuhan paku pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (Pretest-Posttest Control Group Design). Instrumen berupa lembar tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Data pretest dan  posttest  dianalisis  menggunakan SPSS dengan menggunakan uji paired sample t-test, kemudian dilanjutkan dengan uji independent sample t-test. Selanjutnya dilakukan perhitungan N-Gain. Pre test di kelas eksperimen diperoleh nilai minimum  20 dan  maksimum  40 dengan rata-rata 30,83. Post test di kelas eksperimen diperoleh nilai minumum  70 dan nilai maksimum  90 dengan rata-rata 79,58. Pre test  dikelas kontrol diperoleh  skor minimum  20 dan  maksimum a 40 dengan rata-rata 30,83. Post test dikelas  kontrol diperoleh nilai minimum 60 dan maksimum 80 dengan  rata-rata 70,00. Data Pair 1 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.  Pada Pair 2 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Uji homogenitas  didapatkan nilai signifikansi  sebesar 0,696 > 0,05,  Data Uji independent sample t test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. N-Gain Score, menunjukkan  nilai rata-rata N untuk kelas eksperimen adalah  69,79 termasuk dalam kategori “cukup efektifâ€. Dengan nilai N-gain score minimal 50% dan maksimal 87%. Sedangkan nilai rata-rata N-gain score pada kelas kontrol adalah sebesar 55,05% termasuk dalam kategori “kurang efektifâ€. Dengan nilai N-gain score minimal 33% dan  maksimal 75%.  Simpulannya  adalah penggunaan  booklet lebih efektif digunakan   dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap pengenalan  jenis tumbuhan paku.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-01

Versions

How to Cite

Muswita, Upik Yelianti, & Pinta Murni. (2021). Efektifitas Media Booklet Terhadap Pengetahuan Jenis Tumbuhan Paku Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi: (The Effectiveness of Booklet Media on Knowledge Types of Ferns in Students Biology Education Study Program). BIODIK, 7(2), 23-31. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12328

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>