Efektifitas Media Booklet Terhadap Pengetahuan Jenis Tumbuhan Paku Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi
(The Effectiveness of Booklet Media on Knowledge Types of Ferns in Students Biology Education Study Program)
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12328Abstract
Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pempelajaran taksonomi tumbuhan adalah kesulitan  mengenal berbagai jenis tumbuhan paku. tujuan penelitian adalah untuk  mengetahui efektifitas  booklet terhadap pengetahuan jenis tumbuhan paku pada mahasiswa program studi Pendidikan Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (Pretest-Posttest Control Group Design). Instrumen berupa lembar tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Data pretest dan posttest dianalisis  menggunakan SPSS dengan menggunakan uji paired sample t-test, kemudian dilanjutkan dengan uji independent sample t-test. Selanjutnya dilakukan perhitungan N-Gain. Pre test di kelas eksperimen diperoleh nilai minimum 20 dan maksimum  40 dengan rata-rata 30,83. Post test di kelas eksperimen diperoleh nilai minumum  70 dan nilai maksimum  90 dengan rata-rata 79,58. Pre test dikelas kontrol diperoleh skor minimum 20 dan maksimum a 40 dengan rata-rata 30,83. Post test dikelas kontrol diperoleh nilai minimum 60 dan maksimum 80 dengan  rata-rata 70,00. Data Pair 1 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.  Pada Pair 2 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Uji homogenitas didapatkan nilai signifikansi  sebesar 0,696 > 0,05,  Data Uji independent sample t test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. N-Gain Score, menunjukkan nilai rata-rata N untuk kelas eksperimen adalah  69,79 termasuk dalam kategori “cukup efektifâ€. Dengan nilai N-gain score minimal 50% dan maksimal 87%. Sedangkan nilai rata-rata N-gain score pada kelas kontrol adalah sebesar 55,05% termasuk dalam kategori “kurang efektifâ€. Dengan nilai N-gain score minimal 33% dan  maksimal 75%.  Simpulannya  adalah penggunaan  booklet lebih efektif digunakan   dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap pengenalan  jenis tumbuhan paku.
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-01 (3)
- 2021-06-09 (2)
- 2021-06-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muswita, Upik Yelianti, Pinta Murni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).