OPTIMALISASI KELAS IBU HAMIL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI DESA TANJUNG LANJUT KABUPATEN MUARO JAMBI

Authors

  • Sri Astuti Siregar Universitas Jambi
  • Asparian Asparian Program Studi Ilmi Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi
  • M. Syukri Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi
  • Lia Nurdini Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssm.v4i2.24726

Keywords:

Kelas Ibu Hamil, Pencegahan Stunting, Pregnant Women Class, Stunting Prevention

Abstract

Tindakan yang relatif ampuh dilakukan untuk mencegah stunting pada anak adalah selalu memenuhi gizi yang optimal sejak masa kehamilan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan bagi ibu hamil adalah melalui kelas ibu hamil. Kegiatan kelas ibu hamil bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang pemeriksaan kehamilan, persalinan, nifas sampai kepada perawatan bayi baru lahir agar tumbuh kembang optimal. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil melalui kelas ibu hamil. Metode pengabdian dilakukan dengan pengukuran yang meliputi meliputi tinggi badan, kenaikan berat badan selama kehamilan dan pengukuran lingkar lengan atas (LILA) serta penyuluhan terkait stunting. Pengukuran pengetahuan dengan menggunakan kuesioner pre-post test. Hasil kegiatan didapatkan adanya peningkatan pengetahuan peserta  sebesar 11,64 dimana sebelum dilakukan penyuluhan yaitu 6,71. Oleh sebab itu, diperlukan adanya perhatian yang lebih intensif serta motivasi yang diberikan kepada ibu hamil agar lenih rutin menghadiri kelas ibu hamil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroroh, I., Jannah, M., & Meikawati, P. R. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 6(2), 212–217. https://doi.org/10.30591/siklus.v6i2.579

Hidayah, N, & Muhaimin, T (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil Tahun 2018. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 76–88. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1060

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Kemenkes RI 2009-2011. In Kementrian Kesehatan RI (pp. 1–26). http://stikesyahoedsmg.ac.id/web/media/ebookbidan/Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil.pdf

Kemenkes RI. (2014). PMK No.97 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan.

Artikel, [cited 2018 Jan 7]; 3-8. https://id.search.yahoo.com/search?p=PMK+No.97+th+2014+tentang+pelay anan+kesehatan+masa+sebelum+hamil%2C+masa+hamil%2C+persalinan+d an+sesudah+melahirkan&fr=yfp-t&fp=1&toggle=1&cop=mss&ei=UTF- 8%0Akesga.kemkes.go.id

Kementrian Kesehatan. (2018). Situasi Stunting di Indonesia. Jendela Data Dan Informasi Kesehatan, 208(5), 1–34.

Ricchi, A., La Corte, S., Molinazzi, M. T., Messina, M. P., Banchelli, F., & Neri, (2020). Study of childbirth education classes and evaluation of their effectiveness. Clinica Terapeutica, 171(1), E78–E86. https://doi.org/10.7417/CT.2020.2193

SSGI. (2021). buku saku hasil studi status gizi indonesia (SSGI) tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota tahun 2021. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Strategi Nasional. (2019). No Title. In Percepatan Penurunan Anak Kerdil (Stunting) Periode 2018-2024 (Cetakan Ke). Sekretariat Wakil Presiden RI.

Sukmawati, S., Hermayanti, Y., Fadlyana, E., & Mediani, H. S. (2021). Stunting prevention with education and nutrition in pregnant women: A review of literature. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(T6), 12–19. https://doi.org/10.3889/oamjms.2021.7314

Downloads

Published

2023-06-24