Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Postpartum Melalui Edukasi Family Centered Maternity Care (FCMC) Tentang Pijat Oksitosin Dalam Keberhasilan Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Gambirsari Surakarta

Authors

  • Desy Widyastutik Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Ernawati Ernawati Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Erinda Nur Pratiwi Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Mellia Silvi
  • Dwi Pratiwi Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssm.v3i2.18170

Keywords:

Postpartum, Edukasi Family Centered Maternity Care, Pijat Oksitosin, Oxytocin Massage

Abstract

Periode masa nifas yang dijalani ibu postpartum masih memiliki berbagai kendala salah satunya persepsi yang belum sinergis dengan anjuran kesehatan. Peran sebagai orang tua  tidak terlepas dari partisipasi atau kerja sama antara ibu dan keluarga (suami) serta anggota keluarga yang lain. Berkaitan dengan permasalahan tersebut di atas telah dipecahkan, salah satunya dengan membangun Model Edukasi Postnatal yang difokuskan pada ibu postpartum dengan melibatkan keluarga sebagai sosial support. Model ini memiliki keunggulan bahwa dalam mengoptimalkan pemahaman ibu tentang peran dan fungsinya dalam beradaptasi secara maternal dan perawatan bayi baru lahir, keluarga ikut terlibat aktif dalam upaya tersebut. Dampak dari peningkatan pemahaman ibu postpartum tersebut ibu akan memiliki kemampuan competent mothering secara optimal.

Setelah dilakukan upaya peningkatan perilaku ibu postpartum melalui edukasi  Family Centered Maternity Care (FCMC) diharapkan ibu postpartum dapat melakukan pijat oksitosin dengan melibatkan keluarga. Metode pelaksanaan dengan demontrasi dan diskusi. Media yang digunakan adalah phantom payudara, booklet perawatan masa nifas salah satunya pijat oksitosin, LCD, Laptop dan Proyektor.Pelaksanaan pendidikan kesehatan dilaksanakan secara kunjungan rumah dengan memperhatikan protocol kesehatan yaitu pada bulan Maret 2021 sampai September 2021.

Hasil pengabdian masyarakat adalah 90% ibu postpartum bisa melakukan pijat oksitosin dengan keterlibatan keluarga. Serta dari hasil monitoring dan evaluasi dengan cara pertemuan kembali dengan cara melakukan kunjungan rumah (home care) kepada ibu postpartum dengan menggunakan instrument yang berhubungan dengan perawatan postpartum.

Berdasarkan pelaksanaan pengabdian masyarakat dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan perilaku ibu postpartum dalam pijat oksitosin di Wilayah Kerja Puskesmas Gambirsari Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sulistyawati A. Buku ajar asuhan kebidanan pada ibu nifas. 2009;

Mahdiyah D. Hubungan Mobilisasi Dini Dengan Penurunan Tinggi Fundus Uteri Pada Ibu Postpartum Di Blud RS H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin. Din Kesehat J KEBIDANAN DAN KEPERAWATAN. 2013;4(1):14–23.

Asmuji, Indriyani D. Model Family Centered Maternity Care Sebagai Strategi Optimalisasi Competent Mothering. Ners. 2016;11(1):17–28.

Sutrisminah E, Alfiyati N. Benefits of breast massage on postpartum uterine involution. INVOLUSI J Ilmu Kebidanan. 2015;3(5).

Anggita I. Pengaruh Pijat Stimulasi Oksitosin Terhadap Involusi Uterus Pada Ibu Masa Nifas Dengan Persalinan Normal Di Bidan Praktik Mandiri (Bpm) Wilayah Kerja Puskesmas Terisi Kabupaten Indramayu Tahun 2016. J Kesehat Indra Husada. 2018;5(2):1–12.

Kristiani AW. Efektivitas Metode. 2011;2(16):55–64.

Hadianti DN, Sriwenda D. The Effectiveness of Postpartum Exercise and Oxytocin Massage on Uterus Involution. Open J Nurs. 2019;09(03):231–8.

Wijayanti L, Warsiti W. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Post Partum di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta Tahun 2014. STIKES’Aisyiyah Yogyakarta; 2014.

Saragih IS. Dukungan Keluarga dalam Pelaksanaan Pijat Oksitosin untuk Meningkatkan Produksi ASI pada Ibu Nifas di wilayah kerja Puskesmas Medan Johor. Skripsi: Universitas Sumatera Utara; 2015.

Khairani L. Pengaruh pijat oksitosin terhadap involusi uterus pada ibu post partum di ruang post partum kelas iii rshs bandung. Students e-Journal [Internet]. 2012;1–14. Available from: http://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/787%0Ahttp://journal.unpad.ac.id/index.php/ejournal/article/download/787/833

Zega AA. Faktor - faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pijat Oksitosin Terhadap Pengeluaran ASI Pada Ibu Nifas di Klinik Bersalin Sumiariani Medan Johor. J Kesehat Masy. 2018;2(6):1–12.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.2007. Pedoman Pelayanan Kebidanan Dasar, Jakarta: Depkes

Kemkes RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018

Ambarwati RE. 2010. Asuhan kebidanan nifas. Yogyakarta: Mitra Cendikia

Marmi. 2012. suhan Kebidanan Pada

Masa Nifas (Puerperium Care).Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Widuri, Hesti. 2013. Cara Mengelola ASI Eksklusif Bagi Ibu Bekerja.Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Friedman, M.M., Bowden & Jones. (2010). Family nursing: Research, theory, and practice (5thed.).Connecticut: Appleton & Lange

Anik. 2016. Inisiasi Menyusu Dini, ASI Eksklusif dan Manajemen. Laktasi.Jakarta: 1-20.

Saleha S. 2013.Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2024-03-31