Edukasi Pemberdayaan Keluarga dalam Optimalisasi Fungsi Keluarga di Desa Muara Jambi

Authors

  • Guspianto Guspianto Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Jambi
  • Muthia Mutmainnah Program Studi Keperawatan FKIK Universitas Jambi
  • Diah Tri Utami Program Studi Farmasi FKIK Universitas Jambi
  • Dessy Pramudiani Program Studi Psikologi FKIK Universitas Jambi
  • Riska Amalya Nasution Program Studi Keperawatan FKIK Universitas Jambi
  • Ismi Nurwaqiah Ibnu Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jssm.v3i2.17769

Keywords:

Edukasi, pemberdayaan, fungsi keluarga, Education, empowerment, family function

Abstract

Peran keluarga menjadi sangat penting sebagai basis teladan dan sentral perubahan untuk mewujudkan generasi emas yang berakhlak, sehat, cerdas, terampil, dan mandiri dengan menciptakan kondisi lingkungan rumah yang asri, nyaman, ramah dan sehat untuk perkembangan anak. Kondisi ini dapat ditumbuh kembangkan melalui pendidikan keluarga berbasis paket pemberdayaan dengan sasaran perangkat desa, petugas kesehatan dan keluarga (PEKESGA) guna optimalisasi fungsi keluarga. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan melakukan survei kesiapan lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkoordinasi dengan mitra, melakukan edukasi kepada keluarga tentang fungsi-fungsi keluarga khususnya tentang perbaikan gizi keluarga dan program kelompok kerja PEKESGA, dan membentuk kelompok kerja PEKESGA berdasarkan kesepakatan bersama dan dilegalkan melalui SK Kepala Desa. Hasil analisis pre-test dan post-test diketahui terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap terhadap fungsi keluarga khususnya dalam perbaikan gizi keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Puskesmas Jambi Kecil. Profil Puskesmas Jambi Kecil Tahun 2020. 2021;

Anwas OM. Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. J Pendidik dan Kebud. 2011;17(5):565–75.

Anwas OM. Pemberdayaan masyarakat di era global. Alfabeta; 2013.

Satriani I. Participative Communication on Center For Family Empowerment Program (Case Study in RW 05 Situgede Village, West Bogor, Bogor). 2011;

Suyono H, Haryanto R. Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Kelompok Kerja (Pos Pemberdayaan Keluarga). Jakarta: Balai Pustaka; 2013.

Anderson JA. Communication descending. Int Commun Gaz. 2016;78(7):612–20.

Syamsuadi A, Zainuddin M. Strategi Pos Pemberdayaan Keluarga dalam Penguatan Fungsi Kelembagaan Sosial di Kelurahan Binawidya Kota Pekanbaru. J Din Pemerintah. 2018;1(2):98–109.

Usman S. Esai-Esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2015.

Downloads

Published

2024-03-31