Peningkatan Softskills Mahasiswa Program Studi Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpm.v3i2.21646Keywords:
industrial, revolution, society 5.0, soft skillsAbstract
Pengabdian kepada masyarakat yang diselenggrakan oleh tim dosen Program Studi Fisika, Universitas Jambi bertujuan untuk meningkatkan softskills mahasiswa semester satu yang ada di Program Studi Fisika untuk dapat bersaing di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat yaitu seluruh mahasiswa semester satu angkatan 2022 di Program Studi Fisika yang berjumlah 29 orang. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk webinar yang berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2022. Metode kegiatan berupa penyampaian materi oleh tim dosen Program Studi Fisika dan pendampingan dalam bentuk diskusi kelompok di kelas, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang jenis-jenis softskills yang harus dikuasai untuk hidup di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 dan dapat mempraktikkan softskills dalam bentuk diskusi kelompok di kelas. Kemudian berdasarkan hasil evaluasi dalam bentuk kuisioner menunjukkan bahwa terdapat 39,6% mahasiswa mempunyai softskills dengan kategori sangat baik, 40,9% mahasiswa mempunyai softskills dengan kategori baik, 17,5% mahasiswa mempunyai softskills dengan kategori cukup, dan 1,9 mahasiswa mempunyai softskills dengan kategori kurang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jesi Pebralia, Nurhidayah, Frastica Deswardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.