Pengaruh Latihan Sprint Pendek dan modifikasi Box Skip Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Pada Siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19020Keywords:
Sprint pendek, Box Skip, LompatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Latihan Sprint dan Box Skip terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan uji hipotesis yaitu Uji-T. Penelitian dilaksanakan di lapangan Stadion Mini, dengan jumlah sampel 27 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara Random Sampling. Hasil Penelitian Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan terhadap tes awal dan tes akhir kemampuan lompat jauh dalam analisis data yang mengunakan uji-T di mana tes awal diperoleh rata-rata 3,7556 poin dan tes akhir diperoleh rata-rata 4,3407 poin. Sedangkan Thitung sebesar 9,86847 bila di bandingkan dengan Ttabel sebesar 1,70562 dengan ini sudah jelas ada peningkatan di sebabkan tes awal dan tes akhir mempunyai hasil yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulan bahwa Latihan Sprint pendek dan modifikasi Box Skip memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan lompat jauh pada siswa SMP Negeri 19 Kota Jambi.
Downloads
References
Apriyadi Sompui (2013). Pengaruh latihan Leg bound dan box skip terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa SMP Negeri 21 Banten.
Arikunto. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. PT. Rhineka karya. Jakarta
Bellesteros Manuel Jose.(1979). Pedoman Dasar Latiahan Atletik. Spanyol: Manual Didagsion DE Atletismo
Carr . A Gery. ( 2000 ). Atletik Untuk Sekolah Dasar.Raja Grapindo Persada. Jakarta.
Chu. Donald. A. 1992. Jumpingintoplyometric. Champaign.illinois: Human Kinetics pub
Desmi Sartika. (2015). Perbandingan Pengaruh LatihanBox Skip DanLatihan Incremental Vertical Hop Terhadap Explosive Power Otot Tungkai PadaSiswa Kelas X Putra Jurusan TKBB SMK N 5Pekanbaru
Dikdik Zafar.Sidik.(2010). Mengajar dan Melatih Atletik.Bandung : Remaja Rosdakaria.
Djumidar Mochamad A. Widya (2008) belajar berlatih gerak-gerak dasar atletik dalam bermain. : PT Raja Grafindo Persada.Jakarta
Hananto dkk. 2007. Pendidikan jasmani olahraga kesehatan kelas V. Yudistira: Jakarta
Harsono. (1988). Coaching dan aspek-aspek psikologis dalam coaching: tambak kusuma.Jakarta
Kosasih. Engkos. (1985).olahraga teknik dan program latihan: AkademikaPresindo. Jakarta
Muhajir (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Erlangga. Jakarta.
Munar, H., & Yuliawan, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Melalui Pendekatan Bermain Lompat Lingkar Berwarna:(Efforts to Improve Learning Basic Learning Outcomes Through Approach to Playing Colored Levels). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 1-12.
Nossek. Yosep (1982). Teori Latihan Umum.Afrika: LTD Lagos
Nurhasan. 2001. Tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani : prinsip-prinsip dan penerapanya: direktorat jenderal olahraga Jakarta.
Suharno. 1985. Ilmu Kepelatihan Olahraga.: Yayasan STO.Yogyakarta
Sudjana. 2005. metoda statistika: transito.Bandung
Sugito. Bambang. W. Ismaryati. (1993). Pendidikan Atletik.. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Sukendro, S., & Yuliawan, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Atletik Menggunakan Pendekatan Metode Student Centered Learning (SCL) Model Case Method pada Mahasiswa Porkes FKIP UNJA: Efforts To Improve Athletic Learning Outcomes Using The Student Centered Learning (SCL) Model Case Method Approach in Porkes FKIP UNJA Students. Cerdas Sifa Pendidikan, 10(2), 25-33.
Sukendro, S., & Yuliawan, E. (2019). Dasar-Dasar Atletik.
Sutio Kurniawan (2012). Pengaruh Variasi Latihan Incline Hop Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD Negeri 225/ IX Kota Tanggerang
Tudor Bompa. O. (1994). Power trainingfor sport.Canada.mocaicpress.
Winendra. Dkk. (2008). Seri Olahraga Atletik.:Pustaka Insan Madani.Yogyakarta
Yuliawan, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1).