EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY: STUDI LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.19219Kata Kunci:
Augmented Reality, Efektivitas, Fisika, Studi LiteraturAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam pembelajaran fisika. Efektivitas ini ditinjau dari peningkatan pemahaman konsep, minat belajar, hasil belajar, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini disebabkan karena masih minimnya pemahaman fisika peserta didik pada berbagai jenjang pendidikan. Pembelajaran fisika dianggap sulit karena konsepnya yang abstrak dan minimnya inovasi dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukannya suatu inovasi dalam proses pembelajaran fisika berupa media pembelajaran berbasis augmented reality. Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Sumber literatur yang digunakan berasal dari portal pengindeks Google Scholar, Sinta, Garuda dan lainnya. Peneliti mendapatkan 10 referensi yang berhubungan dengan tujuan studi mulai dari tahun 2014 sampai 2022. Dari analisis studi literatur yang dilakukan diperoleh bahwa penggunaan augmented reality dalam pembelajaran fisika dapat meningkatan pemahaman konsep, meningkatkan minat belajar, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Unduhan
Referensi
Akçayır, M. and Akçayır, G. 2017. Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, pp.1-11.
Budiarti, R. P. N., Fauziah, N., Jannah, Z., & Ningsih, T. N. 2021. LEGIT BOLTAS (Learning Gadget Bola Tata Surya) Based on Augmented Reality in SDI Raden Patah Surabaya. Kresna Social Science and Humanities Research, 1(20), 1–16.
Budiman, D.M., 2017. Penerapan pendidikan teknologi dasar pada pembelajaran fisika dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2(2).
Cai, S., Chiang, F. K., Sun, Y., Lin, C., & Lee, J. J. 2017. Applications of augmented reality-based natural interactive learning in magnetic field instruction. Interactive Learning Environments, 25(6), 778–791.
Chaeranti, S. N., Bakri, auzi, & Permana, A. H. 2018. Modul Yang Dilengkapi Dengan Teknologi Augmented Reality: Cara Mudah Belajar Fisika Untuk Konsep Dan Fenomena Kuantum Di Sma Kelas Xii. VII, SNF2018-PE-118-SNF2018-PE-128.
Chen, C. P. 2015. Employing augmented-realityembedded instruction to disperse the imparities of individual differences in earth science learning. Journal of Science Education and Technology, 835-847.
Dadan Sumardani, Arum Wulandari, Allika Nur Ramdina S, S. D. 2013. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika Darmajaya, 13(2), 169–179.
Hikmayanti, I., Saehana, S. and Muslimin, M., 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus Kelas VII MTs Bou. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(3), pp.58-61.
Ibáñez, M. B., Di Serio, Ã., Villarán, D., & Delgado Kloos, C. 2014. Experimenting with electromagnetism using augmented reality: Impact on flow student experience and educational effectiveness. Computers and Education, 71, 1–13.
Ibisono, H. S., Achmadi, H. R., & Suprapto, N. 2020. Efektivitas buku saku berbasis augmented reality pada materi gerak planet untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 200–206.
Iqliya, J. ., & Kustijono, R. 2019. Keefektifan media augmented reality untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2019, 19–25.
Ismail, A. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Umum. Jurnal Petik, 7(2), 87–92.
Kusniati, et al. 2021. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Edumu Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ipa Di Sma Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. 10(1), 114–122.
Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. 2021. Analisis hasil belajar matematika peserta didik ditinjau dari self confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584-2593.
Nesi, Y., & Purwaningsih, E. 2021. Jurnal pembelajaran fisika. (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 10(2301–9794), 83–129.
Siahaan, A.D., Medriati, R. and Risdianto, E., 2019. Pengembangan penuntun praktikum fisika dasar ii menggunakan teknologi augmented reality pada materi rangkaian listrik dan optik geometris. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), pp.91-98.
Sulisworo, D., Kaliappen, N., History, A., Winarti, W., Sulisworo, D., & Kaliappen, N. 2021. Indonesian Review of Physics (IRiP) Evaluation of STEM-Based Physics Learning on Students’ Critical Thinking Skills: A Systematic Literature.†Indones. Rev. Phys, 4(2), 23–31.
Vari, Y., & Bramastia, B. 2021. Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.