ONLINE LAERNING: PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN DAMPAKNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.13469Keywords:
Google classroom, blended learning, pembelajaran fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan google classroom dan dampaknya dalam pembelajaran fisika, serta mengidentifikasi model yang cocok digunakan pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini deskriptif menggunakan metode literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah penggunaan google classroom berdasarkan tingkatan satuan pendidikan untuk jenjang SMP masih sedikit, jenjang SMA termasuk sedang, dan pada jenjang Universitas temasuk sedikit. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika yang menggunakan google classroom termasuk kategori kurang baik. Model pembelajaran yang cocok menggunakan google classroom yaitu model blanded learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dampak penggunaan google classroom terhadap kompetensi belajar fisika peserta didik masih rendah.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arkundanto, A. 2007. Pembaharuan dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Haka, Nukhbatul Bidayati, Liza Anggita Ellyandhani, Bambang Sri Anggoro, dan Abdul Hamid.
(2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan
Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains
& Matematika, 8(1), 1-12.
Hidayat, Muhammad Taufik, Teuku Junaidi, Muhammad Yakob. (2020). Pengembangan Model
Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi
Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 401-410.
Kaleka, Melkyanus Bili Umbu, Yasinta Embu Ika, Maria Elfrida Deno. (2020). Studi Kasus
Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika.
Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159-164.
Mahardini, Maya Mahitsa Agung. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada
Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), VIII(2), 215-224.
Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah
Wabah Covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.
Nurfalah, Erfin. (2019). Optimalisasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Google Classroom
Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.
Oktaviandany, Dyah Putri, Madlazim. (2020). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Google
Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots (Higher Order Thinking Skill) Siswa
SMA. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 306-310.
Peraturan Permendiknas No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Permata, Andira, Yoga Budi Bhakti. (2020). Keefektifan Virtual Class Dengan Google Classroom
Dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan
Fisika dan Riset Ilmiah), 4(2), 27-33.
Sartono, Bangun. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan LMS (Google Classroom
Dan Quiper) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gerak Harmonis Siswa
Kelas X MIPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2019/
Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 35-46.
Sirait, Romauli Opi Agustina, Motlan. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan
Google Classroom Terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Pada Materi Momentum dan
Impuls Untuk SMA/MA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(1), 1-4.
Sari, Melani Kartika. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah
Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 80-
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal
of Business Research, 104, pp. 333–339.
Surat Keputusan Mendiknas Nomor 045/U/2002.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sundus, Nurmaulidina, Yoga Budi Bhakti. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam
Pemahaman dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian,
Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.
Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat
Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal
Yusuf, Nurridha Rahmania, Singgih Bektiarso, Sudarti. (2020). Pengaruh Model PBL Dengan Media
Google Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi,
dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230-235.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 EduFisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.