ONLINE LAERNING: PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN DAMPAKNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Dinda Yanuar Universitas Negeri Padang
  • Fatni Mufit Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.13469

Keywords:

Google classroom, blended learning, pembelajaran fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan google classroom dan dampaknya dalam pembelajaran fisika, serta mengidentifikasi model yang cocok digunakan pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini deskriptif menggunakan metode literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah penggunaan google classroom berdasarkan tingkatan satuan pendidikan untuk jenjang SMP masih sedikit, jenjang SMA termasuk sedang, dan pada jenjang Universitas temasuk sedikit. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fisika yang menggunakan google classroom termasuk kategori kurang baik. Model pembelajaran yang cocok menggunakan google classroom yaitu model blanded learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dampak penggunaan google classroom terhadap kompetensi belajar fisika peserta didik masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arkundanto, A. 2007. Pembaharuan dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Haka, Nukhbatul Bidayati, Liza Anggita Ellyandhani, Bambang Sri Anggoro, dan Abdul Hamid.

(2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan

Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains

& Matematika, 8(1), 1-12.

Hidayat, Muhammad Taufik, Teuku Junaidi, Muhammad Yakob. (2020). Pengembangan Model

Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi

Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 401-410.

Kaleka, Melkyanus Bili Umbu, Yasinta Embu Ika, Maria Elfrida Deno. (2020). Studi Kasus

Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika.

Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159-164.

Mahardini, Maya Mahitsa Agung. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada

Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), VIII(2), 215-224.

Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah

Wabah Covid-19. Karst: jurnal pendidikan fisika dan terapannya, 3(1), 6-12.

Nurfalah, Erfin. (2019). Optimalisasi E-Learning Berbasis Virtual Class dengan Google Classroom

Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.

Oktaviandany, Dyah Putri, Madlazim. (2020). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Google

Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots (Higher Order Thinking Skill) Siswa

SMA. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 306-310.

Peraturan Permendiknas No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permata, Andira, Yoga Budi Bhakti. (2020). Keefektifan Virtual Class Dengan Google Classroom

Dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan

Fisika dan Riset Ilmiah), 4(2), 27-33.

Sartono, Bangun. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan LMS (Google Classroom

Dan Quiper) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gerak Harmonis Siswa

Kelas X MIPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2019/

Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 35-46.

Sirait, Romauli Opi Agustina, Motlan. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan

Google Classroom Terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Pada Materi Momentum dan

Impuls Untuk SMA/MA. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(1), 1-4.

Sari, Melani Kartika. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah

Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 80-

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal

of Business Research, 104, pp. 333–339.

Surat Keputusan Mendiknas Nomor 045/U/2002.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sundus, Nurmaulidina, Yoga Budi Bhakti. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam

Pemahaman dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian,

Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.

Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat

Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal

Yusuf, Nurridha Rahmania, Singgih Bektiarso, Sudarti. (2020). Pengaruh Model PBL Dengan Media

Google Classroom Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi,

dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230-235.

Published

2021-12-15

How to Cite

Yanuar, D. ., & Mufit, F. (2021). ONLINE LAERNING: PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN DAMPAKNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 85-92. https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.13469

Most read articles by the same author(s)