UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMAN 10 MUARO JAMBI

Authors

  • Dewi Sasmita Pasaribu
  • Menza Hendri Universitas Jambi
  • Nova Susanti Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMAN 10 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi listrik dinamis.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa angket minat belajar siswa,lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar dengan soal pilihan ganda.Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif.Pada siklus I proses pembelajaran belum berjalan dengan baik, sehingga hasil belajar  masih rendah yaitu 69,6 dan rata-rata angket yang diperoleh seluruh siswa adalah 45,33. Hal ini disebabkan karena guru belum mampu menciptakan sesuatu yang menarik diawal pembelajaran, masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan pelajaran, serta siswa yang masih banyak bermain dan ngobrol saat guru menjelaskan pelajaran.Solusinya yaitu dengan memberikan apersepsi dan motivasi yang menarik diawal pembelajaran dan menggunakan bantuan power pointdalam menyampaikan materi untuk membuat siswa memperhatikan guru saat menjelaskan materi. Pada siklus II proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya namun hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 77,06 dan angket minat belajar siswa sudah berada pada rata-rata skor dengan kriteria minat (59,85). Kendala yang masih ditemukan yaitu siswa masih melakukan aktivitas lain pada saat proses pembelajaran serta manejemen waktu yang masih kurang baik. Solusinya yaitu guru menegur beberapa siswa yang melakukan aktivitas lain dan menggunakan beberapa media seperti power point dan video pembelajaran untuk menghemat waktu saat menyampaikan materi pelajaran. Pada siklus III terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu 80,1dan angket minat belajar siswa yaitu 64 atau berada pada kategori minat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-30 — Updated on 2017-06-30

Versions

How to Cite

Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMAN 10 MUARO JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(01), 61-69. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4043

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2