PRELIMINARY STUDY: THE IMPACT OF USING GUIDED INQUIRY-BASED TEACHING MATERIALS ON STUDENT LEARNING INDEPENDENCE

Authors

  • Lia Kristina Sianipar Universitas Pelita Harapan
  • Yohanes Edi Gunanto Universitas Pelita Harapan
  • Maya Puspitasari Izaak Universitas Pelita Harapan
  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.24530

Keywords:

Independent Learning, Guided Inquiry, Teaching Materials

Abstract

This research is a literature review. The purpose of this study is to determine the impact of the use of guided inquiry teaching materials on student learning independence, especially in Physics material. The data in this study are secondary data, namely data obtained from books, journals, articles, and proceedings. Through the review of the information carried out, it was found that guided inquiry teaching materials can encourage students to learn independence in physics material. Teachers are expected to be able to develop guided inquiry teaching materials to train students to learn independence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantultahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 48-65.

Amalia, Y. F., Zainuddin, & Misbah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPA Fisika Berorientasi Keterampilan Generik Sains Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di SMP Negeri 13. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 183-191.

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 11-19.

Ayuningtyas, P., Soegimin, W. W., & Supardi, Z. I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa sma pada materi fluida statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 636-647.

Chusni, M. M. (2016). Studi Komparatif Pendekatan Verifikasi dan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kognitif Siswa SMP Pada Materi Pesawat Sederhana. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 01-08. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3424

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 58-62.

Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Jurnal Educational Research and Development, 255-262.

Fadhila, F. N., Arifuddin, M., & Miriam, S. (t.thn.). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri . Firdha Nur Fadhila, M. Arifuddin, dan Sarah Miriam.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Simarmata, S. W. (2021). Belajar Dari Rumah (Daring): Kemandirian Belajar Mahasiswa. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(1), 85-92.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326.

Nurbaiti, N., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 83-93.

Nurhayati, Saputri, D. F., & Sari, I. N. (2015). Efektifitas Penggunaan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 247-258.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 23-28.

Rahayui, A. B., Hadi, S., Istyadji, M., Zaini, M., Sholahuddin, A., & Fahmi. (2018). Development Of Guided Inquiry Based Learning Devices To Improve Student Learning Outcomes In Science Materials In Middle School. European Journal of Alternative Education Studies, 107-117.

Ramadhan, A. L. (2022). Pengembangan Modul Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339.https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886

Sahidin, L. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212-223.

Sari, B. S., Jupri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2019-227.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inpirasi Indonesia.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan KOnsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Swandhana, K., Churiyah, M., & Juariyah, L. (2016). Meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa melalui pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 2(3), 161-169.

Syamsudin, S., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemandirian Belajar dan Kecakapan Hidup Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1204-1211.

Syarifuddin, S., Asri, A., & Mujizatin, A. (2020). Efektifitas Perangkat Pembelajaran dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(1), 38-53.

Wahyuni, S., Nasar, A., & Kaleka, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 112-117. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/10431

Woi, M. F., & Prihatni, Y. (2019). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar. Teacher in Educational Research, 1-9.

Yunus, A., Danial, M., & Muharram, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Koloid. CER: Chemistry Education Review, 188-197.

Yusro, A. C., & Sasono, M. (2016). Penggunaan modul ilustratif berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar dan kemajuan siswa kelas viismpn madiun. Jpfk, 29-35.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Sianipar, L. K., Gunanto, Y. E., Izaak, M. P., & Rasmi, D. P. (2023). PRELIMINARY STUDY: THE IMPACT OF USING GUIDED INQUIRY-BASED TEACHING MATERIALS ON STUDENT LEARNING INDEPENDENCE. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 52-57. https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i1.24530