STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN VERIFIKASI DAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOGNITIF SISWA SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Authors

  • Muhammad Minan Chusni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pendekatan verifikasi dan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kognitif siswa pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel, dan sampelnya adalah 26 siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan verifikasi dan 26 siswa dari kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pendekatan verifikasi dan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kognitif siswa pada materi pesawat sederhana dengan nilai thitung > ttabel yaitu thitung = 2,844 dan ttabel 0.025 = 2,0105 dan nilai Sig.< 0,05 yaitu 0,016.

 

Kata kunci: Pendekatan, inkuiri terbimbing, verifikasi, kognitif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-12-15 — Updated on 2016-12-15

Versions

How to Cite

Chusni, M. M. (2016). STUDI KOMPARATIF PENDEKATAN VERIFIKASI DAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KOGNITIF SISWA SMP PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 01-08. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/3424