Analisis Alih Kode Dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sma It Nurul Ilmi Kelas Xa

Penulis

  • Rizki Wiranto Fakultas Keguruan dan Ilmu, Program Studi Pendidikan bahasa Arab Pendidikan Universitas Jambi,

Kata Kunci:

Alih Kode, Campur Kode, Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk menyajikan wujud alih kode dan campur kode pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X Nurul Ilmi; (2) mendeskripsikan penyebab penggunaan alih kode dan campur kode dalam kelas pembelajaran bahasa Arab di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Objek penelitian yaitu guru atau tenaga pengajar bahasa Arab di kelas X Nurul Ilmi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Alih kode berdasarkan bentuk bahasanya yaitu bentuk formal dan informal; (2) Alih kode berdasarkan hubungan antar bahasa yaitu alih kode dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Sedangkan beberapa bentuk/wujud dari campur kode adalah : (1) Berdasarkan unsur-unsur pembentuk kalimat yaitu unsur kata dan unsur frasa; (2) Berdasarkan kategorisasi kata atau bentuk leksikal diantaranya nomina, verba, adjektiva, adverbia, dan numeralia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-27

Cara Mengutip

Wiranto, R. . (2022). Analisis Alih Kode Dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sma It Nurul Ilmi Kelas Xa. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam , 3(1), 10-22. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19979