Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha en-US muhammadsobri@unja.ac.id (Muhammad Sobri) muhammadsobri@unja.ac.id (Muhammad Sobri) Wed, 05 May 2021 15:19:40 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Emosional Melalui Daring Di Kelas VI Mis Nurul Huda Sembubuk https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12782 <p>Pembelajaran Bahasa Arab yang efektif menjadi ukuran penting dalam keberhasilan siswa menguasai dan memahami Bahasa Arab. Para Guru dan tenaga pendidik akan selalu berusaha meningkatkan keefektifan proses pembelajaran kepada setiap peserta didik agar dapan dengan mudah memahami dan menguasai Bahasa Arab secara maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkannya metode dan pendekartan yang baik dan menarik untuk mencapai keberhasilan tersebut. Dalam penelitian ini penulis membahas bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan pendekatan kecerdasan emosional kepada peserta didik melalui Daring yang diberlakukan dimasa pandemi Covid 19. Peneliti menjadikan MIS Nurul Huda Sembubuk sebagai tempat untuk melakukan penelitian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. pendekatan kecerdasan emosional melalui daring serta faktor-faktor pendukung dan penghambat tenaga pendidik dalam menjalankan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dapat ditarik kesimpulan bahwa, pandemi COVID-19 menberikan dampak yang tidak bagus dalam pendidikan dewasa ini. Pandemi ini mengakibatkan proses pembelajaran bahasa Arab menjadi sangat terganggu, apalagi karena bahasa Arab merupakan bahasa asing yang tidak dipakai sehari-hari. Hal itu mengharuskan guru untuk melakukan usaha yang ekstra agar pembelajaran menggunakan pendekatan secara emosional dapat terlaksana dengan baik.</p> Robby Tianhuri Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12782 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-Learning Di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12783 <p>Penelitian ini memiliki maksud tujuan yaitu untuk mengetahui tentang Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab berbasis e-learning di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi tahun pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan penelitian berada pada kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi melalui aplikasi google clasroom, dimulai pada bulan Januari-Maret 2021. Penggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik survei sebagai metodenya. Dalam pengumpulan data primer menggunakan angket dan data sekunder menggunakan dokumen-dokumen dan dokumentasi sekolah. Dalam mengolah data atau analisis data mencari besarnya persentase variabel, faktor dan indikator penelitian deskriptif. Jumlah total populasi siswa SMP Ahmad Dahlan kelas VII berjumlah 142 siswa dan sampel sampel siswa SMP Ahmad Dahlan kelas VII berjumlah 105 siswa dengan teknik penentuan sampel tersebut menggunakan rumus slovin. Data penelitian diperoleh dengan cara peneliti memberikan angket penelitian kepada siswa dan data pendukung berupa dokumentasi, dan wawancara. Dalam hasil pengolahan data penelitian secara keseluruhan mengambarkan bahwa Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-learning di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi di kategorikan sangat positif berjumlah 22 siswa persentase 21%, kategori positif berjumlah 62 siswa persentase 59%, kategori sedang berjumlah 18 siswa persentase 17%, kategori negatif berjumlah 3 siswa persentase 3%, dan kategori sangat negatif berjumlah 0 siswa persentase 0%. Sehingga dapat dikatakan jumlah total populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-learning di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi pada tahun 2021 menyatakan positif.</p> Abdullah Shaleh Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12783 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12785 <p>Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa arab. Sumber datanya siswa kelas X IPA II, guru bahasa arab dan kepala sekolah di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.Teknik pengumpulan data ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan data yang digunakan ialah dengan triangulasi data.Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas X IPA II SMA Islam Al-Falah Kota Jambi dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa arab ialah menurun, dikatakan menurun dikarnakan faktor dari motivasi intrinsik dan ektrinsik siswa yang menunjukkan bahwa: dari faktor instrinsiknya: 1) Siswa kurang aktif dan tidak bergairah dalam belajar bahasa arab. 2) siswa tidak nyaman belajar secara daring. 3) siswa merasa sulit memahami bahasa arab. dari faktor ekstrinsik: 1) lingkungan belajar. 2) jaringan internet. 3) waktu yang terbatas. Adapun kendala guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa arab ialah dikarnakan sebagai berikut: 1) siswa yang memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda. 2) terkendala sinyal/ jaringan internet. 3) siswa yang merasa bahwa belajar bahasa arab sulit. Upaya guru bahasa arab untuk meningkatkan motivasi siswa ialah dengan menjadi guru yang asik, memerintahkan siswa berlatih bahasa arab, menggunakan aplikasi-alikasi yang menarik dalam belajar bahasa arab, menambah mufradat dan belajar menterjemahkan, latihan, dan memberikan nilai angka dan pujian</p> Nur Apnida Rahmayuni, Muhammad Sobri, Nuryanti Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12785 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Faktor Kesalahan Menulis Teks Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Tanjung Jabung Timur https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12786 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesalahan menulis teks bahasa Arab bagi siswa kelas VIII di MTsN 1 Tanjung Jabung Timur, guna untuk lebih memahami bagaimana tata cara dalam penulisan teks bahasa Arab dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Tanjung Jabung Timur pada November 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dan data penelitian diperoleh dengan proses pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tiga cara, antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan dalam menulis teks bahasa Arab yang dialami siswa/i yaitu karena latar belakang siswa/i yang juga berbeda-beda, mereka juga kesulitan dalam membedakan huruf-huruf hijaiyyah dan juga mereka kesulitan dalam menyambung huruf. Adapaun solusi mengantisipasi dalam kesalahan menulis tersebut adalah dengan banyak menyuruh siswa/i menulis atau menyalin setiap pelajaran yang diajarkan pada hari itu, melakukan ekstrakulikuler, lebih sering memberi tugas menulis dirumah, dan melakukan kuis/ permainan dalam bahasa Arab agar siswa/i tidak merasa bosan.</p> Marni Avita Sari, Yayil Kholisotul Makrufah Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12786 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Efektivitas Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Istima’ Siswa Kelas VIII MTsS Nurul Huda Mendalo https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12787 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas media audio visual dalam meningkatkan kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda tahun pelajaran 2020/2021 yang dilakukan di kelas VIII MTsS Nurul Huda melalui aplikasi whatsapp yang dilaksanakan pada bulan Februari 2021. Dalam penelitian ini peneliti mengetahui tingkat kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda dengan cara memberikan tes kepada siswa sebanyak dua kali tes dan diantara tes tersebut terdapat treatment (perlakuan) sebanyak 3 kali, dari tes tersebutlah peneliti mengetahui sejauh mana kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif atau statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan oleh peneliti. Populasi dari peneliatian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda yang berjumlah 16 orang. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda dikarenakan tidak adanya strata dalam populasi dan jumlah populasi yang sedikit. Hasil yang peneliti peroleh dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan istima’ (maharatul istima’) siswa kelas VIII MTsS Nurul Huda yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai posttest siswa dibandingkan dengan pretest. Dan dari uji hipotesis peneliti memperoleh hasil uji hipotesis thitung = 10,9375 dan harga ini kemudian dibandingkan dengan ttabel (0,05) dengan df = n-1 = 15 diperoleh 1,7531 dengan demikian t hitung (10,9375 &gt; ttabel (1,7531). Dari hasil tersebut maka H1 diterima dan H0 ditolak.</p> Ardial Pitra Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12787 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Penggunaan Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Daring Bahasa Arab Di MTS Hj. Zubaidah Pulau Kijang https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12788 <p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan audio visual dalam pembelajaran daring bahasa Arab di MTs Hj. Zubaidah Pulau Kijang. Penggunaan audio visual dalam pembelajaran daring bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran bahasa arab. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah MTs Hj. Zubaidah, guru bahasa Arab dan siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses pelaksanaan media ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama dimulai dengan pembuatan materi, Tahapan kedua mengidentifikasi tata bahasa atau qowā’idnya. Tahapan ketiga adalah memberi tugas. Hasil dari penggunaan media ini, para siswa sedikit banyak dapat memahami materi bahasa Arab 2). Kendala guru ketika ketika menggunakan media ini yaitu: (a) Pelafalan kata atau kalimat, (b) Kuota terbatas, (c) Tugas yang menumpuk (d) Jaringan tidak stabil, (e) Latar belakang siswa yang berbeda-beda, (f) Minat belajarsiswa yang kurang (g) Jaringan yang tidak stabil (h) Keaktifan guru dalam mengajar juga kurang. Kendala-kendala tersebut diatasi oleh guru dan pihak sekolah dengan beberapa solusi yaitu: (a) Mengadakan belajar di rumah guru, (b) Memotivasi santri untuk aktif belajar. (c) Komunikasi yang baik.</p> Ela Nuryani, Mardiyah Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12788 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Tarâduf Dalam Al-Qur‟an Pada Juz 15, 16, 17 (Analisis „Ilm Ad-Dilâlah Lafâdz Al-Insân Dan Basyar) https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12789 <p>Dalam Al-Qur‟an fenomena mutarâdif (sinonimitas) telah menjadi kajian yang sering diperbincangkan. Para ulama ahli bahasa Arab memperbedatkan keberadaan tarâduf (sinonim) atas lafâdz (kata) yang berada dalam Al-Qur‟an, ada yang sepakat dan ada tidak yang tidak sepakat akan keberadaan mutarâdif dalam Al-Qur‟an. Penelitian ini mengkaji lafâdz al-Insân dan basyar yang bermakna manusia. Data yang digunakan adalah ayat-ayat Al-Qur‟an pada juz 15, 16, 17 yang di dalamnya terdapat lafâdz al- Insân dan basyar, yang bertujuan mengetahui makna konstekstual dan hubungan makna kedua lafâdz ini melalui sampling beberapa lafâdz atau objek pada juz 15, 16, 17 dianalisis dengan „ilm ad-dilâlah (semantik) dan dibantu dengan penafsiran Al- Qur‟an. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan bersifat kualitatif deskriptif analitif. Hasil penelitian yang ditemukan pada lafâdz al-Insân adalah penamaan untuk manusia yang menunjukkan manusia dari sisi ruh, jiwa, akal, hati manusia yang tak bisa dilihat. Sementara pada lafâdz basyar juga penamaan untuk manusia yang menunjukkan manusia dalam bentuk fisik (jasad) yang bisa dilihat dan mengerti. Untuk makna kontekstual lafâdz al-Insân pada surat Al-Isrâ‟ ayat 83 dan surat Al-Ĥajj ayat 66 dipengaruhi oleh konteks bahasa (al-Siyâq al-Lughawî) yaitu dilihat dari penjelasan sebelum dan setelah kedua lafâdz tersebut. Kemudian Makna kontekstual lafâdz basyar pada surat Al-Kahfi ayat 110 dan surat Maryam ayat 26 dipengaruhi oleh konteks bahasa (al-Siyâq al-Lughawî) yaitu dilihat dari penjelasan sebelum dan setelah kedua lafâdz tersebut. Kemudian hubungan makna lafâdz al-Insân dan basyar ialah saling terhubung satu sama lain sebagai penamaan untuk manusia dalam bentuk jasad yang saling menyatu dengan konteks dan fokus yang berbeda.</p> Azza Humayro Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12789 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Analisis Uslub An-nida’ dalam Surat An-nisa’ dan Surat Maryam (Kajian Ilmu Balaghah) https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12790 <p>Abstrak Dalam skripsi ini mengkaji uslub an-nida‟ dan maknanya. Data yang digunakan adalah ayat-ayat Al-Qur’an pada surat An-nisa’ dan surat Maryam yang didalamnya terdapat uslub an-nida‟ dengan menggunakan pendekatan ilmu Balaghah. Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah meliputi dua hal yaitu bagaimana bentuk uslub an-nida‟ dan apa makna uslub an-nida‟ dalam surat an-nisa’ dan surat maryam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan library reseach.Hasil penelitian yang ditemukan pada surat an-nisa’ memuat uslub an-nida‟ sebanyak lima belas ayat dan pada surat maryam sebanyak tujuh ayat. Uslub an-nida‟ yang terdapat pada kedua surat tersebut, memuat makna hakiki dan makna majazi. Seperti pada surat an-nisa’ ayat satu, uslub an-nida‟ memuat makna hakiki dimana huruf nida’ digunakan untuk memanggil munada dengan makna sebenarnya yaitu penduduk Makkah. Pada surat maryam ayat 42, memuat makna majazi dimana huruf nida’ digunakan untuk merendahkan derajat munadayaitu ayah nabi Ibrahim yang menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat memberi pertolongan.</p> khoirun nisih Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12790 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Metode Pembelajaran Muthala’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Santri Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12792 <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui metode pembelajaran apa yang diterapkan oleh guru muthala’ah dalam meningkatkan kemampuan maharah qiraah santri di pondok pesantren modern Al-Kinanah Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru muthala’ah dibagi menjadi tiga metode. Metode pertama yaitu metode hikayatul qhosiroh guru menjelaskan materi dengan bercerita, Metode kedua yaitu metode tajmi guru meminta siswa untuk menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat sempurna. Metode ketiga yaitu metode muwa’imah/muwafiqah adalah melatih penglihatan dan melakukan latihan membaca cepat. Hasil dari penggunaan metode ini, para siswa sedikit banyak dapat memahami materi bahasa Arab. 2). Kendala guru dalam penggunaan metode ini yaitu: (a) latar belakang siswa yang berbeda-beda, (b) siswa kesulitan memaknai kosa kata baru, (c) siswa mengantuk dan tertidur, (d) kurangnya minat belajar siswa (e) siswa yang masih terbata-bata dalam membaca kalimat bahasa Arab, (f) guru sulit mendapatkan perhatian siswa,(g) guru sulit menyatukan pemahaman siswa, (h) metode guru yang kurang efektif dan (i) keaktifan guru dalam mengajar juga kurang. 3). Upaya guru dalam mengatasi kendala penggunaan metode ini adalah sebagai berikut: (a) menghidupkan suasana belajar yang asik dan kondusif, (b) memberikan inovasi pada metode pembelajaran, (c) melakukan latihan membaca kalimat bahasa Arab,(d) mencari persamaan kosa kata yang lebih mudah dipahami siswa (e) memberikan sanksi kepada siswa yang mengantuk dan tertidur (f) memberikan pelajaran tambahan diluar pembelajaran kelas dan (g) komunikasi yang baik.</p> Nadila Rizkia, Igo Ilham Hilabi, Nur Halim, M. Zam Kurniawan Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/12792 Wed, 05 May 2021 00:00:00 +0700 Korelasi Pemerolehan Bahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Perspektif Neurolinguistik (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Unja) https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/13382 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana korelasi Pemerolehan bahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa arab sebagai bagian dari hasil belajar Muhadatsah yang telah mereka ampu mulai muhadatsah satu hingga muhadatsah tiga. Adapun jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan menerapkan strategi penellitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PBA tahun akademik 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang seluruhnya terhitung mulai dari angkatan (2016) hingga (2019) berjumlah 135 orang. Dan pengambilan sampel menggunakan rumus <em>Simple Random Sampling</em> dengan jumlah mahasiswa 23 orang, Metode pengumpulan data yang digunakan ialah<em> model Pemeriksaan Komunikasi Hemisfer Kanan (PKHK)</em> yang meliputi daftar pertanyaan yang di kelompokkan dalam beberapa tes&nbsp; dikembangkan atas dasar tinjuan aspek kebahasaan komunikasi hemisfer kanan yang terlingkup akan aspek leksiko-semantik, makrostruktur, dan pragmatik. pengkajian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis korelasi antara Pemerolehan Bahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab menggunakan uji <em>K</em><em>orelasi Product Moment</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerolehan bahasa yang dimiliki mahasiswa berkorelasi dengan keterampilan berbicara bahasa arabnya dengan melihat Kompetensi Kebahasaan leksikosemantik, dan makrostruktur terhadap keterampilan berbicara pragmatik yang mereka miliki. Berdasarkan tes yang telah di ujikan dengan menggunakan rumus, maka diperoleh angka 0,8154 yang secara nilai lebih besar dari r tabel Product moment dengan angka 0,432 pada taraf kepercayaan 5% dan 1%. Sehingga dapat ditunjukkan &nbsp;bahwa terdapat korelasi pada pemerolehan bahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa arab perspektif neurolinguistik studi kasus mahasiswa pendidikan bahasa arab Unja.</p> Gerbi Zefriando Copyright (c) 2021 https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/13382 Sun, 20 Jun 2021 00:00:00 +0700