Pembelajaran Membaca Pantun Melayu Jambi dengan Strategi Direct Reading Aktivities
Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah pantun Melayu Jambi sebagai bahan ajar pembelajaran membaca dengan strategi DRTA. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan metode kepustakaan serta teknik wawancara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMPN 17 Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menyandingkan dengan teori yang relevan dan kemudian analisis dan dilanjutkan dengan penarikan simpulan berdasarkan pada tema-tema yang menjadi fokus penelitian. Hasil uji praktisi (guru) menunjukkan bahwa penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran membaca pantun Melayu Jambi yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak (rerata skor 3,80). Hasil uji sasaran (siswa) menunjukkan bahwa penggunaan strategi DRTA yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak (rerata 3.83). Pembahasan uji praktisi, dan uji sasaran menunjukkan bahwa strategi yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori layak atau baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kamarudin Kamarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.