Pembelajaran Membaca Pantun Melayu Jambi dengan Strategi Direct Reading Aktivities

Main Article Content

Kamarudin Kamarudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah pantun Melayu Jambi sebagai bahan ajar pembelajaran membaca dengan strategi DRTA. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan metode kepustakaan serta teknik wawancara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMPN 17 Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menyandingkan  dengan teori yang relevan dan kemudian  analisis dan  dilanjutkan dengan penarikan simpulan berdasarkan pada tema-tema yang menjadi fokus penelitian. Hasil uji praktisi (guru) menunjukkan bahwa penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran membaca pantun Melayu Jambi yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak (rerata skor 3,80). Hasil uji sasaran (siswa) menunjukkan bahwa penggunaan strategi DRTA yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak (rerata 3.83).  Pembahasan uji praktisi, dan uji sasaran menunjukkan bahwa strategi yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori layak atau baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kamarudin, K. (2022). Pembelajaran Membaca Pantun Melayu Jambi dengan Strategi Direct Reading Aktivities. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(1). Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/9674
Section
Artikel