Pola Argumentasi dalam Karya Ilmiah Mahasiswa

Main Article Content

Priyanto Priyanto
Mujiyono Wiryotinoyo
Hary Soedarto Harjono

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola argumen ilmiah dalam skripsi mahasiswa. Aargumen ilmiah merupakan hasil pemikiran mahasiswa yang dituliskan ke dalam bentuk paragraf argumentasi di dalam skripsi. Latar belakang penelitian menjadi fokus penelitian ini. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data dalam penelitian ini adalah argumen dalam tulisan yang bersumber dari skripsi mahasiswa. Analisis argumen menggunakan teori argumen Toulmin. Hasil analisis menunjukkan bahwa argumen mahasiswa terdiri dari elemen (1) pernyataan posisi (claim), (2) data (grounds), dan (3) jaminan (warrants). Hal ini menujukkan perlu adanya pemahaman dalam menulis argumen ilmiah.


 


Kata kunci: pola argumen, argumen ilmiah.


 


Abstract


This study aims to analyze the pattern of scientific arguments in student thesis. Scientific arguments are the results of students' thoughts which are written in the form of argumentative paragraphs in the thesis. The research background is the focus of this research. The method in this research is qualitative with content analysis approach. The data in this study are arguments in writing that come from students' thesis. The argument analysis uses Toulmin's argument theory. The results of the analysis show that the students' arguments consist of elements (1) position statements (claims), (2) data (grounds), and (3) warrants. This shows the need for understanding in writing scientific arguments.


 


Key: argument pattern, scientific argument.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Priyanto, P., Wiryotinoyo, M., & Harjono, H. S. (2021). Pola Argumentasi dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(2), 16-24. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/20908
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)