EDUKASI PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22437/medicaldedication.v6i1.26607Keywords:
PHBS (clean and healthy living behavior), school children, education, PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), anak sekolah, edukasiAbstract
ABSTRACT
Problems with lifestyle or health behavior in elementary school-age children are usually related to personal hygiene, the environment and the birth of various diseases that often attack school-age children, making it clear that PHBS values ​​at school are still minimal and have not reached the expected level. Objective: to determine the clean and healthy life behavior of elementary school children at SDN 41/IV Jambi City. The indicators of PHBS at school include washing hands, disposing of trash in its place, consuming healthy food and exercising diligently. Partners: SDN 41/IV Jambi City. Methods: The method used is lectures, discussions/questions and answers to school children using power point media, infocus, and leaflets. Results: Several sample questions showed that there was a significant increase after students received counseling on clean and healthy living behavior, with the lecture method and the media used, namely power points and leaflets which were distributed after the counseling was finished.
ABSTRAK
Permasalahan gaya hidup atau perilaku kesehatan pada anak usia sekolah dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan pribadi, lingkungan dan lahirnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah semakin memperjelas bahwa nilai-nilai PHBS disekolah masih minim dan belum mencapai tingkat yang diharapkan. Tujuan kegiatan untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat anak sekolah dasar di SDN 41/IV Kota Jambi adapun indikator PHBS disekolah meliputi mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, mengkonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Mitra merupakan SDN 41/IV Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi/tanya jawab pada anak sekolah dengan menggunakan media power point, infocus, dan leaflet. Dari beberapa sample pertanyaan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan setelah siswa mendapat penyuluhan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, dengan metode ceramah dan media yang digunakan yaitu power point serta leaflet yang dibagikan setelah penyuluhan selesai.