PEMERIKSAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN KPSP DI PAUD ISLAM AN NUR KOTA JAMBI

Authors

  • Raihanah Suzan
  • Esa Indah Ayudia

DOI:

https://doi.org/10.22437/medicaldedication.v3i2.11176

Abstract

ABSTRAK

Tumbuh kembang optimal adalah tercapainya proses tumbuh kembang yang sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh anak. Dengan mengetahui penyimpangan tumbuh kembang secara dini sehingga upaya-upaya pencegahan, stimulasi dan penyembuhan serta pemulihannya dapat dibenarkan dengan ini yang jelas sedini mungkin pada masa-masa peka proses tumbuh kembang anak sehingga hasilnya dapat diharapkan akan tercapai.

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran-ukuran fisik anak, terutama tinggi (panjang) badan. Berat badan lebih erat kaitannya dengan status gizi dan keseimbangan cairan (dehidrasi, retensi cairan), namun dapat digunakan sebagai data tambahan untuk menilai pertumbuhan anak. Pertambahan lingkar kepala juga perlu dipantau, karena dapat berkaitan dengan perkembangan anak. Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan fungsi-fungsi individu antara lain: kemampuan gerak kasar dan halus, pendengaran, penglihatan, komunikasi, bicara, emosi- sosial, kemandirian, intelegensia 2-8 bahkan perkembangan moral.

Oleh karena itu penting untuk mengajarkan orang tua cara memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020, berupa penyuluhan dengan menggunakan video cara cara pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan pada anak yang mengikuti PAUD Islam AnNur Jambi.

 

Kata kunci : pertumbuhan, perkembangan, video

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-08