PENGARUH PROMOSI VISUAL, FASILITAS DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI CANDI MUARO JAMBI

Authors

  • Dahmiri Dahmiri Universitas Jambi
  • Sylvia Kartika Wulan Bhayangkari Universitas Jambi
  • Firmansyah Firmansyah Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.21858

Abstract

Objek wisata Candi Muaro Jambi menjadi salah satu keunggulan wisata di Kabupaten Muaro Jambi. Pemerintah daerah Kabupaten Muaro Jambi terus melakukan pengembangan terhadap kawasan Candi Muaro Jambi. Berbagai upaya yang dilakukan dalam pengembangan dari sisi promosi, peningkatan fasilitas dan daya tarik agar mampu meningkatkan minat wisatawan berkunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi visual, fasilitas dan daya tarik wisata terhadap minat berkunjung wisatawan di Candi Muaro Jambi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan statistik.  Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang. Metode analisis statistik menggunakan regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, pengujian signifikansi simultan (uji F) dan pengujian signifikansi parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel promosi visual, fasilitas dan daya tarik wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beberkunjung di Candi Muaro Jambi. Secara simultan variabel promosi visual, fasilitas dan daya tarik wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berkunjung di Candi Muaro Jambi.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Altozano, P. B. (2012). Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Melalui Daya Tarik Wisata Taman Tirta Arta diI Kabupaten Sleman Yogyakarta. Khasanah Ilmu, 3(1), 1–25.

Bachtiar, M. L., & Arif Wibowo, M. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Pantai Kabupaten GunungKidul (Studi pada mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(1), 40–49.

Cahyanti, M. M., & Anjaningrum, W. D. (2018). Meningkatkan Niat Berkunjung Pada Generasi Muda Melalui Citra Destinasi Dan Daya Tarik Kampung Wisata. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 35–41.

Cahyanti, M., & Mirasaputri, G. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan (Studi pada wisatawan “Kampung Warna Warni†di Kota Malang). Akutansi Bisnis & Manajemen ( ABM ), 25(1), 12.

Cahyoputra, Leonard, A. (2015). Menpar: Kunci Pariwisata Adalah 3A.

Dami, N. K. N., Fanggidae, R. E., & Timuneno, T. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Aksesibilitas Wisata Dalam Meningkatkan Minat Pengunjung Pada Objek Wisata Air Terjun Oenesu.

Daradjat, Z. (2017). Ilmu pendidikan islam.

Dewi, M. S., Bagus, I. M., & Laksono, B. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Business Research, 1(1), 19–26.

Ernestivita, G., & Subagyo. (2020). Media Promosi Produk UMKM dengan Menggunakan EPIC Model. Efektor, 7(1), 1–14.

Fandy, Tjiptono (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1).

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, J. W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis. In Neuromarketing in India: Understanding the Indian Consumer (7th ed.). Pearson Education Limited.

Harahap, S. A., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh kualitas daya tarik wisata budaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara ke kotagede. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 9–24.

Iswidyamarsha, C. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Di Dunia Air Tawar Dan Dunia Serangga TMII. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 72-80.

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing (8th ed).

Marhendi, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Wisatawan Di Kabupaten Semarang. In Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) (Vol. 1, No. 1, pp. 166-172).

Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA 2017, 1151–1160.

Murdiyanto, E. (2011). Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Karanggeneng, purwobinangun, pakem, Sleman. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 7(2), 91–901.

Rachmadhania, N., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 46(1), 210–217.

Ramadhani, N. D. P., Rini, & Setiawan, H. (2021). Pengaruh 3A Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Air Terjun Temam. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 34.

Ramadeni, S., & Soewardikoen, D. W. (2017). Identitas Visual Dan Media Promosi Wisata Edukasi Jendela Alam. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 113.

Ramadhan, V. P., Pratama, A. H., & Putri, I. B. S. (2020). Analisa Efektivitas Media Promosi Djarum Black Di Kota Malang Menggunakan Metode Epic Model. Seminar Nasional Sistem Informasi, 4(1), 2571–2578.

Sari, A. N., & Suyuthie, H. (2022). Pengaruh Fasilitas terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Pulau Angso Duo Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1130-1134.

Sari, B. E. K. (2018). Pengaruh E-Wom Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan Berdasarkan Persepsi Daya Tarik Wisata Menurut Karakteristik Demografis. Studi Pada Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk (Vol. 4, Issue 1, pp. 121–138)

Sukoco, S. A. (2018). NEW Komunikasi Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. Pustaka Abadi.

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.

Sopyan, S., & Widiyanto, I. (2015). Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D (21st ed.). Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: Pustakabarupress

Suwarti. (2014). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pantai Cahaya Lumba-Lumba Kendal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Tanjung, A., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Kunjung Pada Situ Rawa Gede. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 146-156.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. 7(1), 172–172.

Yeoti, O.A (2003). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa

Yoeti, Oka A. 2003. Tours and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramitha. Yoeti. Oka A. 1983. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Dahmiri, D., Bhayangkari, S. K. W. ., & Firmansyah, F. (2022). PENGARUH PROMOSI VISUAL, FASILITAS DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI CANDI MUARO JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(04), 1069-1079. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i04.21858