CRITICAL INCIDENTS DALAM SESI TUTORIAL: IDENTIFIKASI DAN STRATEGI INTERVENSI DALAM DINAMIKA KELOMPOK

Authors

  • Amelia Dwi Fitri Universitas Jambi
  • Nyimas Natasha Ayu Shafira Universitas Jambi
  • Rina Nofri Enis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.18353

Abstract

Latar Belakang: Diskusi tutorial adalah salah satu kegiatan penting dalam pembelajaran problem based learning. Di masa pandemi Covid 19 kegiatan ini dilakukan secara online dan menjaga dinamika kelompok tetap berjalan menjadi sebuah tantangan. Persepsi tutor dan mahasiswa tentang critical insidents dipengaruhi oleh sudut pandang masing-masing individu.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi persepsi siswa dan tutor tentang kejadian kritis selama tutorial dan jenis intervensi yang dilakukan oleh tutor untuk mengatasi insiden tersebut.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode campuran yang melibatkan 84 siswa tahun keempat dan 7 tutor. Persepsi siswa dan tutor tentang insiden kritis dikumpulkan dengan survei online menggunakan kuesioner yang tervalidasi.

Hasil: menurut persepsi siswa dan tutor, didapatkan partisipasi yang tidak setara sebagai insiden kritis yang paling sering terjadi. Namun didapatkan perbedaan persepsi antara siswa dan tutor tentang faktor penghambat diskusi yang memerlukan intervensi tutor; siswa menganggap kepribadian yang sulit, sedangkan tutor menyatakan ketidakseimbangan partisipasi. Faktor tutor, umpan balik, penilaian, kualitas skenario, dan masalah penjadwalan juga ditemukan memiliki peran dalam insiden kritis dalam tutorial. Intervensi tutor terhadap kejadian kritis telah dilakukan namun masih perlu ditingkatkan lagi.

Simpulan: Persepsi siswa dan tutor tentang kejadian kritis sejalan dalam hal kejadian yang paling sering terjadi, tetapi berbeda dalam faktor yang paling menghambat diskusi dan memerlukan intervensi tutor. Intervensi oleh tutor tidak memadai untuk mengatasi insiden kritis yang timbul.

Kata kunci: kejadian kritis, tutorial, dinamika kelompok

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Amelia Dwi Fitri, Universitas Jambi

Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi

Nyimas Natasha Ayu Shafira, Universitas Jambi

Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi

Rina Nofri Enis, Universitas Jambi

Bagian Anatomi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Fitri, A. D., Shafira, N. N. A., & Enis, R. N. (2022). CRITICAL INCIDENTS DALAM SESI TUTORIAL: IDENTIFIKASI DAN STRATEGI INTERVENSI DALAM DINAMIKA KELOMPOK. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 10(1), 116-127. https://doi.org/10.22437/jmj.v10i1.18353

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>