PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNIN (PBL) DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

Authors

  • Amelia Dwi Fitri

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmj.v4i1.3117

Abstract

Abstrak

Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi  adalah Problem Based Learning. Donald Woods McMaster merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan istilah PBL, dan Fakultas Kedokteran Universitas McMaster, Ontario Kanada merupakan institusi kedokteran yang memperkenalkan PBL dalam dunia pendidikan.

Ada empat prinsip penting dalam pembelajaran PBL, yaitu : pembelajaran merupakan suatu proses konstruktif. (Learning should be a constructive process), pembelajaran merupakan suatu proses yang dimotori oleh keinginan dari dalam diri sendiri (Learning should be a self directed process), pembelajaran merupakan suatu proses yang dimotori oleh keinginan dari dalam diri sendiri (Learning should be a self directed process) dan pembelajaran merupakan sesuatu yang diberikan kontekstual (Learning should be a contextual process).

Salah satu metode yang digunakan dalam melaksanakan PBL adalah seven jumps tutorial. Metode ini terdiri dari tujuh langkah yang disusun sistematis sehingga diskusi mahasiswa tentang suatu masalah dapat berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan baik sesuai karakteristik PBL

 

Keywords : KBK, PBL, seven jumps

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Amelia Dwi Fitri

Bagian Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Downloads

How to Cite

Fitri, A. D. (2016). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNIN (PBL) DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. Jambi Medical Journal : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 4(1). https://doi.org/10.22437/jmj.v4i1.3117

Most read articles by the same author(s)