Analisis Makna Konotatif Pada Slogan-Slogan di MAN 2 Jakarta

Penulis

  • Izza Zahraniah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Zahwa Nur Fitriah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Neneng Nurjanah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i3.26579

Kata Kunci:

semantik, makna leksikal, slogan

Abstrak

This study aims to (1) find out the types of slogans contained in MAN 2 Jakarta, (2) find out the connotative meaning of slogans in MAN 2 Jakarta. This study used a type of qualitative descriptive research. The source of data in this study is seven slogans in MAN 2 Jakarta. The steps of data analysis carried out by researchers are to first classify the data, namely grouping slogans based on the type of slogan. Then the researcher analyzes the data based on the meaning of the connotation on the slogan, then the results of the study are described and the last stage the researcher draws conclusions based on the results of the analysis carried out. The results showed, (1) there are 2 (two) types of slogans in MAN 2 Jakarta, which were analyzed, namely types of educational slogans and types of motivational slogans, (2) there are a variety of connotations as many as 7 (seven) connotations, with positive connotations of 6 (six) positive slogans and (1) one negative slogan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis slogan yang terdapat di MAN 2 Jakarta, (2) mengetahui makna konotatif pada slogan di MAN 2 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah tujuh slogan yang ada di MAN 2 Jakarta. Adapun langkah-langkah analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu terlebih dahulu mengklasifikasikan data yaitu mengelompokkan slogan berdasarkan jenis slogan. Lalu peneliti menganalisis data berdasarkan makna konotasi pada slogan tersebut, kemudian hasil penelitian dideskripsikan dan tahap terakhir peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat 2 (dua) jenis slogan di MAN 2 Jakarta, yang dianalisis yaitu jenis slogan pendidikan dan jenis slogan motivasi, (2) terdapat ragam konotasi sebanyak 7 (tujuh) konotasi, dengan konotasi positif 6 (enam) slogan positif dan (1) satu slogan negatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afria, R. (2017). Inventarisasi Kosakata Arkais Sebagai Upaya Penyelamatan dan Perlindungan Bahasa Melayu Kuno di Provinsi Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 254 - 265. https://doi.org/10.22437/titian.v1i2.4232

Afria, R., & Sanjaya, D. (2020). Leksikon-Leksikon Tradisional dalam Permainan Ekal dan Layangan di Jambi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 135-147. https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.9555

Afria, R., Harianto, N., Izar, J., & Putri, I. H. (2022). Klasifikasi Leksikon dalam Tradisi Adat Menegak Rumah di Desa Air Liki Kabupaten Merangin. Prosiding Seminar Nasional Humaniora, 2, 11-19. Retrieved from https://www.conference.unja.ac.id/SNH/article/view/208

Afria, R., Kusmana, A., & Prawolo, I. (2020). Kata Kata Emosi dalam Cerpen Cerita Buat Para Kekasih karya Agus Noor: Kajian Leksikologi. Salingka: Majalah Ilmiah Bahasa dan Sastra, 17(2), 165-178. https://doi.org/10.26499/salingka.v17i2.330

Cahyaningtyas Diah Andini, Fathiya Khairunnisa, Rizki Annisa, Frinawaty Lestarina Barus. (2021). “Analisis Makna Konotatif Dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Marchella FPâ€. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia Vol. 18 (2).

Fadhilatun Nisa, Ika Febrian. (2022). “Makna Konotasi Pada Takarir Instagram Khififah Indar Parawansaâ€. Jurnal Semiotika. Vol. 23 (1).

Fadhilatun Nisa, Ika Febrian. (2022). “Makna Konotasi Pada Takarir Instagram Khififah Indar Parawansaâ€. Jurnal Semiotika. Vol. 23 (1).

Harianto, N., Afria, R., & Izar, J. (2022). Polisemi dan Homonim dalam Kajian Semantik Bahasa Arab. Prosiding Seminar Nasional Humaniora, 2, 48-53. Retrieved from https://www.conference.unja.ac.id/SNH/article/view/188

Izar, J., & Afria, R. (2020). The Verbs Synonyms of Batubara Malay Language in North Sumatera Province. Proceeding International Conference on Malay Identity, 1, 91-96. Retrieved from https://www.conference.unja.ac.id/ICMI/article/view/93

Izar, J., Afria, R., Harianto, N., Soliha, M., & Warohmah, P. M. (2022). Personal Diexis in "Lebih Senyap dari Bisikan" Novel By Andina Dwifatma. Proceeding International Conference on Malay Identity, 3, 58-64. Retrieved from https://www.conference.unja.ac.id/ICMI/article/view/175

Maydina, dkk. (2022). “Analisis Makna Leksikal Pada Slogan-Slogan di SMP Negeri 35â€. Jurnal Bahasa. Vol. 11.

Okarisma Mailani, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, Jundi Lazuardi. (2022). “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusiaâ€. Jurnal KAMPRET. Vol. 1 (2).

Widhayani, A. (2020). Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan, Dan Poster Untuk Siswa SMP/SMA/SMK/MA Dan Umum. Jawa Timur: HM Publisher.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-29

Cara Mengutip

Zahraniah, I. ., Fitriah, Z. N., & Nurjanah, N. . (2023). Analisis Makna Konotatif Pada Slogan-Slogan di MAN 2 Jakarta. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(3), 278-284. https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i3.26579

Terbitan

Bagian

Articles