Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi Digital

Indonesia

Authors

  • Aditya Yoga Pratama Universitas Jambi
  • Nurparisa Gusrianti Universitas Jambi
  • Kemal Amrul Haq Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22876

Keywords:

LiterasiDigital, Mahasiswa, Pendidikan

Abstract

Pada era perkembangan globalisasi belakangan ini, setiap orang khususnya para mahasiswa dituntut harus mengikuti setiap perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam perkembangan dunia pendidikan, terdapat literasi digital yang mana mahasiswa harus memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengoperasikan berbagai macam perangkat digital. Oleh karena itu, diperlukan sifat ingin belajar hal baru, kemampuan berkolaborasi, memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif, mampu beradaptasi, mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik agar dapat berperan aktif dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai rakyat bangsa Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu untuk turut mengambil peran dalam memajukan bangsa Indonesia. Artikel ini akan melihat literasi digital mahasiswa dan bagaimana sebaiknya dilihat sebagai sekumpulan kebiasaan yang digunakan anak-anak dalam interaksi mereka dengan perangkat digital untuk belajar. Literasi digital di kelas lebih dari sekedar mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran. Mahasiswa yang belajar melalui alat digital yang dibimbing, menerapkan dan menciptakan sistem pembelajaran yang kaya dan mengembangkan pemahaman. Banyak mahasiswa saat ini memiliki akses ke perangkat pribadi atau yang disediakan sekolah, yaitu smartphone, tablet, atau komputer. Mahasiswa dapat mengsosialisasikan tentang pemanfaatan literasi digital untuk meningkatkan minat baca di Indonesia dengan pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Yoga Pratama, A. ., Gusrianti, N. ., & Amrul Haq, K. . (2022). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Literasi Digital: Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 96-101. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22876

Issue

Section

Articles