Peran Literasi Digital dalam Model Pembelajaran Blended Learning pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Inayah Kesi Lia Universitas Jambi
  • Nessa Mezhilla Akrima Universitas Jambi
  • Serica Aulia Dinata Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22832

Keywords:

Literasi Digital, blended learning

Abstract

Sejak tahun 2019, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan wabah Covid-19 yang bermula di Wuhan, China. Pandemi Covid-19 terus melanda masyarakat hingga saat ini. Banyak bidang kehidupan yang mengalami perubahan akibat pandemi yang terus mencemaskan masyarakat dalam kesehariannya. Hal ini juga menyebabkan perubahan dalam sistem pendidikan. Kekhawatiran akan wabah Covid-19 yang belum juga hilang, memaksa sekolah dasar untuk mengembangkan praktik baru yang disesuaikan dengan kondisi saat ini, khususnya dengan mengadopsi model blended learning. Model pembelajaran ini sangat efektif dan fungsional dan menunjukkan bahwa di era digital saat ini, sekolah dasar pun harus mengikuti perkembangan zaman. Model blended learning dirancang dengan menggabungkan metode pengajaran tatap muka dengan metode pengajaran yang didukung IT menjadi model pembelajaran terpadu. Tujuan lainnya adalah agar siswa mempunyai kemampuan literasi digital yang memadai. Artikel ini bertujuan mengkaji bagaimana kemampuan literasi digital bisa mempengaruhi model blended learning siswa sekolah dasar. Selain itu, dikaji pula manfaat teknologi digital dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif kepustakaan. Artikel ini menyimpulkan bahwa literasi digital berperan penting bagi siswa karena memotivasi dan menginspirasi mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran offline dan online, potensi dan pengetahuan mereka tentang kemampuan mereka dalam menghadapi bahan cetak dan tulisan dikembangkan, mendukung dalam menguraikan informasi elektronik, gambar, teks dan suara, serta berperan dalam pengembangan kompetensi digital. Selain itu, teknologi digital memudahkan siswa untuk belajar secara daring, mengakses informasi dan wawasan dengan cepat berkat koneksi internet tanpa batas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Kesi Lia, I., Mezhilla Akrima, N. ., & Aulia Dinata, S. . (2022). Peran Literasi Digital dalam Model Pembelajaran Blended Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(2), 100-108. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i2.22832

Issue

Section

Articles