HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA REMAJA DARI KELUARGA MISKIN DI DESA RAMBUTAN MASAM KECAMATAN MUARA TEMBESI KABUPATEN BATANGHARI RELATION BETWEEN ACCADEMIC RESILIENCE AND SOSIAL SUPPORT OF TEENAGES LIFE FROM POOR FAMILY AT RAMBUTAN MASAM VILLAGE, MUARA TEMBESI, BATANGHARI REGENCY.

Main Article Content

Putri Nur Khoirunnisa
Nurul Hafizah
Marlita Andhika Rahman

Abstract

Introduction Poverty has a big impact on the sustainability of education, as well as education has big benefits in ending poverty. Good academic resilience is one of the factors that can enable teenagers from poor families to escape poverty. One of the factors that influences academic resilience is social support from peers.


Objective To see the relationship between academic resilience and peer social support among adolescents from poor families in Rambutan Masam Village, Muara Tembesi District, Batanghari Regency


Methods This research used a correlational quantitative method involving 191 respondents. The sampling technique in this study used a random sampling technique with measurement instruments for the academic resilience scale and peer social support which were analyzed using Pearson's Product Moment.


Results The results of this study found a positive correlation between academic resilience and social support from peers in adolescents from poor families in Rambutan Masam Village with an r of 0.520 with a p value <0.001.


Conclusions : There is a positive relationship between academic resilience and peer social support among adolescents from poor families in Rambutan Masam Village, Muara Tembesi District, Batanghari Regency.


Keywords: Academic resilience, peer social support, adolescents, poverty


ABSTRAK


Pendahuluan Kemiskinan membawa dampak besar terhadap keberlangsungan pendidikan, begitupun pendidikan memiliki manfaat besar dalam menuntaskan kemiskinan. Resiliensi akademik yang baik merupakan salah satu faktor yang dapat membuat remaja dari keluarga miskin dapat keluar dari kemiskinan. Salah satu faktor yang mempengaruhi resiliensi akademik adalah dukungan sosial teman sebaya.


Tujuan Untuk melihat hubungan resiliensi akademik dengan dukungan sosial teman sebaya pada remaja dari keluarga keluarga miskin di Desa Rambutan Masam Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari.


Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional yang melibatkan 191 orang responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan instrumen pengukuran skala resiliensi akademik dan dukungan sosial teman sebaya yang dianalisis


Hasil penelitian ini ditemukan hubungan korelasi positif antara resiliensi akademik dengan dukungan sosial teman sebaya pada remaja dari keluarga miskin di Desa Rambutan Masam dengan r sebesar 0,520 dengan nilai p < 0.001.


Kesimpulan Terdapat hubungan positif antara resiliensi akademik dengan dukungan sosial teman sebaya pada remaja dari keluarga miskin di Desa Rambutan Masam Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batang Hari.


Kata Kunci : Resiliensi akademik, dukungan sosial teman sebaya, remaja, kemiskinan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khoirunnisa, P. N., Hafizah, N., & Rahman, M. A. (2024). HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA REMAJA DARI KELUARGA MISKIN DI DESA RAMBUTAN MASAM KECAMATAN MUARA TEMBESI KABUPATEN BATANGHARI: RELATION BETWEEN ACCADEMIC RESILIENCE AND SOSIAL SUPPORT OF TEENAGES LIFE FROM POOR FAMILY AT RAMBUTAN MASAM VILLAGE, MUARA TEMBESI, BATANGHARI REGENCY. Jurnal Psikologi Jambi, 9(1), 21-28. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/37214
Section
Articles

References

Adawiyah, S. E. (2020, April). Kemiskinan dan Faktor-Faktor Penyebabnya. Journal of Social Work and Social Service, 1 (1), 43-49.

Adhitya, B., Prabawa, A., & Kencana, H. (2022). Analisis Pengaruh Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi dan Rata-Rata Jumlah Anggota Keluarga Per Rumah Tangga terhadap Kemiskinan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 288. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.501 Agustian, Juhaaepa, & Anggraini, D. (2018, Oktober). Kepercayaan Diri Siswa Keluarga Miskin dalam Melanjutkan Pendidikan (Pada SMA Negeri 2 Tomia Kecamatan Tomia Timur Kabupaten Wakatobi). Neo Societal, 3(4), 590-598.

Almun, I., & Rifqy Ash-Shiddiqy, A. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik di Masa Pandemi Pada Mahasiswa Akhir Prodi X Universitas Di Jakarta. In Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling (Vol. 10, Issue 2).

Brewer, M. L., van Kessel, G., Sanderson, B., Naumann, F., Lane, M., Reubenson, A., & Carter, A. (2019). Resilience in higher education students: a scoping review. Higher Education Research and Development, 38(6), 1105 1120.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. In Istighna (Vol. 1, Issue 1). www.depkes.go.id

Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, F. (2021). Perkembangan Penelitian Resiliensi Akademik Di Indonesia: Scoping Literature Review. Jurnal Psikologi Talenta, 7(1), 23. https://doi.org/10.26858/talenta.v7i1.2374 8

Hanapi, & Agung. (2018, Juni ). Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP, 9 (1), 37-45.

Hardiansyah (2020). Penyusunan Alat Ukur Resiliensi Akademik. Jurnal Psikologi, 9 (1), 37-45 Hermawan, W., & Yulianti, L. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Peluang Keluarga Keluar Dari Kelompok Keluarga Miskin. 11(2). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Ekonomi-Qu

Ho, L. L. K., Li, W. H. C., Cheung, A. T., Luo, Y., Xia, W., & Chung, J. O. K. (2022). Impact of Poverty on Parent Child Relationships, Parental Stress, and Parenting Practices. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.849408

Ihsan, & Isnaeni. (2020, Agustus). Teman Sebaya dan Pengaruhnya Terhadap Kedisplinan Siswa. Jurnal Psycho Idea, 18 (2)

Indonesia. Badan Pusat Statistik. Statistik penduduk miskin Kabupaten Kota di Indonesia tahun 2022.Jambi: Badan Pusat Statistik, 2023

Indonesia. Badan Pusat Statistik. Statistik penduduk miskin kabupaten kota provinsi jambi tahun 2022. Jambi: Badan Pusat Statistik, 2023

Indonesia. Dinas Sosial Kabupaten Batang Hari. Data Terpadu Kesejahteraan Kabupaten Batang Hari Tahun 2022.

Batang Hari: Dinas Sosial Kabupaten Batang Hari 2023

Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Defiisi Teman dan Sebaya. Batang Hari: Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2023

Indonesia. Pemerintah Desa Rambutan Masam. Data Kependudukan Masyarakat Desa Rambutan Masam. Rambutan Masam: Pemerintah Desa Rambutan Masam, 2023

Iranda, A. (2021). Resiliensi Warga Desa Pendung Talang Genting Pasca Konflik dengan Warga Desa Sleman Kabupaten Kerinci. Al-Qalb Jurnal Psikologi Islam, Volume 12, No 1, Maret 2021, hlm 71-83 Irawan, R., Renata D., & Sabrina Dachmiati. (2022). Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal Cakrawalah Ilmiah Maasiswa, 2 (2), 135-140

Khadijah. (2019). Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Remaja. Jurnal Al- Taujih Bimbingan dan Konseling Islami, 5(2), 114-124.

Krisnayanti, A., & Listiyandini, R. A. (2018). Peran Resiliensi dalam Kualitas Hidup terkait Kesehatan pada Remaja Miskin Kota Jakarta Peran self-compassion terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja miskin di jakarta View project Evaluation of Community Programs and Psychological Intervention in Indonesia View project. https://www.researchgate.net/publication/ 331198603

Lestari, Ilmay Triodani & Imaningsih, N. (2022). Analasis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan. In Online) Jurnal Manajemen (Vol. 14, Issue4).

Mufaridah, H., & Rachmawati, I., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2023). Volume 4 Nomor 1 (2023) Pages

Resiliensi Akademik Mahasiswa Pesantren Mempengaruhi Pengentasan Kemiskinan di Indonesia (2016- 2019). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2206

Nashori, F., & Saputro, I. (2021). Psikologi Resiliensi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nursita, L., & Sulistyo Edy, B. P., Islam Negeri Alauddin Makassar, U., & Hasanuddin, U. (2022). Pendidikan Pekerja Anak : Dampak Kemiskinan Pada Pendidikan. Jambura Ekonomc Education Journal, 4 (1) P

Periantalo, J. (2016). Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua dan Resiliensi Akademik Pada

Mahasiswa. Analitika, 13(2), 138 147. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i2.5482

Rahmatiah., Israwati & Ibrahim. (2019). Resiliensi Siswa Siswi Tidak Mampu dalam Mempertahankan Prestasi di Sekolah. Jurnal Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora. 978-623-91695-3-4

Rahmi, M., & Roza Adry Pengaruh Tingkat Putus Sekolah Kemiskinan dan Pengangguran Terhadap Kriminalitas di Indonesia. 7 (2), 147-154

Ramadhana, N., & Indrawati, E. (2019, Juli). Hubungan Kecerdasan Adversitas dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan resiliensi akademik pada siswa tahun ajaran pertama SMP X Jakarta Timur. Jurnal Ikraith Humaniora, 3 (2), 39-44.

Rasmanah, M. (2020). Resiliensi dan Kemiskinan: Studi Kasus. Intizar, 26(1), 33 44. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5106.

Rifqoh. (2022). Resiliensi Akademik Pada Siswa Kelas VII dalam Mengikuti Pendidikan di Pesantren Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Sebaya. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT) Volume 05, Desember 2022

Saputro, Y., A & Sugiarti, R., (2021). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. In Philanthropy Journal of Psychology (Vol. 5). Online. http://journals.usm.ac.id/index.php/philanthropy

Shengli & Weirong. (2022, Januari). The Role of Academic Resilience Motivational Intensity and Their Relationship in EFL Learnes Academic Achievement. Frontiles in Psychology.

Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Putri, F. (2018). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 1(1), 191 197.

Sunarti, E., Islamia, I., Rochimah, N., & Ulfa, M. (2018). Resiliensi Remaja: Perbedaan Berdasarkan Wilayah, Kemiskinan, Jenis Kelamin, dan Jenis Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 157 168. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.157

Syaputra, R., Y & Rida, Y., (2023). Kontribusi Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiwa Perantau yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial (Vol. 10). No. 5. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2004 Tentang Kemiskinan di Indonesia http://www.jdih.bpk.go.id/

Vallahatullah, & Indah. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi, 433- 441.

Wahyudi. (2020). Resiliensi Mahasiswa Penerima Bidikmisi. Jurnal Advice, 1 (1), 113-120.

Wulandari, Sari (2022). Kebijakan Anti Kemiskinan Program Pemerintah dalam Penanganan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2 (10)