UJI VALIDITAS ISI MODUL MOTOSOFT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PENYANDANG AUTISME DI SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI CONTENT VALIDITY TEST OF MOTOSOFT MODULE TO INCREASE FINE MOTOR ABILITY OF CHILDREN WITH AUTISM IN SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI

Main Article Content

Fania Serlina
Marlita Andhika Rahman
Yun Nina Ekawati

Abstract

ABSTRACT
Introduction Children with autism show significant motor skills impairment, especially fine motor skills, because this activity requires coordination of both hands and eyes at the same time. Fine motor skills in autistic children are very important to be honed from an early age because they have a significant influence on various aspects of children's lives in the future, such as in the social and cognitive fields. This is the reason behind the preparation of the Motosoft module to improve fine motor skills in children with autism at SLB Harapan Mulia Kota Jambi.


Objectives Discovering the result of Motosoft module content validity test to improve fine motor skills in children with autism SLB Harapan Mulia Kota Jambi.


Method This research was a quantitative research with the type of module content validity test using Aiken's V as an analytical technique, where the module was assessed by three validators with different backgrounds.


Result The Motosoft module was a valid module, where 7 items received high validity with a score range of 0.67 to 0.75 and 5 items received moderate validity with a score range from 0.5 to 0.58 Validator provided suggestions for improvement to improve modules and modules was fixed with suggestions from validators.


Conclusion The Motosoft module is a valid module.


Keywords: Content validity test, modules, fine motor skills, children with autism


ABSTRAK
Pendahuluan Anak autis menunjukkan hambatan kemampuan motorik yang signifikan, terutama motorik halus, karena kegiatan ini memerlukan koordinasi kedua tangan sekaligus mata di saat yang bersaman. Kemampuan motorik halus pada anak autis sangat penting untuk diasah sejak dini karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan anak di masa depan, seperti di bidang sosial dan bidang kognitif. Alasan inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul Motosoft untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak penyandang autisme di SLB Harapan Mulia Kota Jambi.


Tujuan Mengetahui uji validitas isi Modul Motosoft untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak penyandang autisme di SLB Harapan Mulia Kota Jambi.


Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken's V, dimana modul dinilai oleh tiga validator dengan latar belakang yang berbeda. Hasil Modul Motosoft adalah modul yang valid, dimana 7 item memperoleh validitas tinggi dengan rentang skor 0,67 hingga 0,75 dan 5 item memperoleh validitas sedang dengan rentang skor 0,5 sampai 0,58, validator memberikan saran perbaikan untuk memperbaiki modul, dan modul sudah diperbaiki sesuai saran dari para validator.


Kesimpulan Modul Motosoft adalah modul yang valid.


Kata kunci: Uji validitas isi, modul, kemampuan motorik halus, anak penyandang autisme

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Serlina, F., Rahman, M. A. ., & Ekawati, Y. N. (2023). UJI VALIDITAS ISI MODUL MOTOSOFT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK PENYANDANG AUTISME DI SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI: CONTENT VALIDITY TEST OF MOTOSOFT MODULE TO INCREASE FINE MOTOR ABILITY OF CHILDREN WITH AUTISM IN SLB HARAPAN MULIA KOTA JAMBI. Jurnal Psikologi Jambi, 8(01), 23-28. https://doi.org/10.22437/jpj.v8i01.27587
Section
Articles

References

David, F. J., Baranek, G. T., Wiesen, C., Miao, A. F., & Thorpe, D. E. (2012). Coordination of precision grip in 2–6 years-old children with autism spectrum disorders compared to children developing typically and children with developmental disabilities. Frontiers in Integrative Neuroscience, 6, 1-13. Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Panduan penanganan anak berkebutuhan khusus bagi pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat). Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 2013.

Mardiati, & Hartati, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Perkembangan Motorik Halu Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 514-519.

McPhillips, M., Finlay, J., & Bejero, S. (2014). Motor Deficits in Children With Autism Spectrum Disorder:. A Cross-Syndrome Study, 7,

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2018). Psikologi Abnormal di Dunia yang Terus Berubah (9 ed., Vol. 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.

Rahayu, S. M. (2014). Deteksi dan Intervensi Dini pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 420 428.

Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144-149.

Sacrey, L.-A. R., Germani, T., Bryson, S. E., & Zwaigenbaum, L. (2014). Reaching and grasping in autism spectrum disorder: a review of recent literature. Frontiers in Neurology: Movement Disorders, 5(6), 1-12.

Sofyan, H. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV. INFOMEDIKA.

Triyudha, A. (2018). Tren Penderita Autisme Meningkat. Retrieved from Harian Nasional: http:// harnas.co/2018/04/01/tren-penderita-autisme-meningkat.

Whyatt, C. P., & Craig, C. M. (2012). Motor Skills in Children Aged 7–10 Years, Diagnosed with Autism Spectrum Disorder. J Autism Dev Disord, 42, 1799-1809.