UJI VALIDITAS ISI MODUL INTERVENSI PROSES KONSULTASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA ATASAN DENGAN BAWAHAN UNIT CONSUMER SERVICE DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL JAMB CONTENT VALIDITY TEST OF THE CONSULTATION PROCESS INTERVENTION MODULE TO IMPROVE EFFECTIVE COMMUNICATION BETWEEN BOSS WITH UNDER CONSUMER SERVICE UNITS AT PT. INDONESIAN TELECOMMUNICATIONS WITEL JAMBI

Main Article Content

Eunike Olivia Irsayanti Ondi
Verdiantika Annisa
Jelpa Periantalo

Abstract

ABSTRACT
Introduction Communication is a basic human activity, by communicating humans can relate to each other. The existence of good communication in an organization then all performance processes can run smoothly and vice versa. Without effective communication between the various parties, the pattern of relationships we call organization will not serve one's needs well. Many failures in organizations are caused by the lack of order in the communication carried out by the actors in the organization.


Method This research used descriptive method with a 3D model (Define, Design, Develop). The validators were purposively selected. Validation assessing the validity of the content in the module. Data analysis used descriptive analysis.


Result The result of this study shows the validation from the module has a V score with a range of 0.58 - 0.83. The results of the validation of the measuring instrument with a range of V scores from 0.66 - 1.00. Based on the results of the content validity test, this consultation process intervention module is valid of the content with some improvement from the validator. The validity criteria in mean are assessed from the material, presentation and language aspects as well as the ease of use.


Conclusions The consultation process intervention module to improve effective communication between superiors and subordinates is declared valid in terms of the validity of the content. The researcher hoped by doing the validity of the contents, a solution to improving effective communication.


Keywords: Module Validation, Consultation Process Intervention, Effective Communication.


ABSTRAK
Pendahuluan Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain. Adanya komunikasi yang baik dalam suatu organisasi maka semua proses kinerja dapat berjalan lancar dan begitu pula sebaliknya. Tanpa komunikasi yang efektif di antara berbagai pihak, pola hubungan yang kita sebut organisasi tidak akan melayani kebutuhan seseorang dengan baik. Kegagalan dalam organisasi banyak yang disebabkan oleh kurang tertatanya komunikasi yang dilakukan para pelaku di organisasi tersebut.


Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan model 3D (define, design, develop). Penetapan validator dilakukan secara purposive. Validasi yang dilakukan yaitu menilai validitas isi pada modul. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif.


Hasil Penelitian ini menunjukkan validasi isi modul memiliki angka skor V dengan rentang 0.58 - 0.83. Hasil validasi alat ukur memiliki rentang angka skor V bergerak dari 0.66 - 1.00. Berdasarkan hasil uji validitas isi, modul intervensi proses konsultasi ini dinyatakan valid secara isi dengan beberapa saran perbaikan dari validator. Kriteria validitas yang dimaksud dinilai dari aspek materi, penyajian dan bahasa serta kemudahan dalam penggunaannya.


Kesimpulan Modul Intervensi Proses Konsultasi Untuk Meningkatkan Komunikasi Efektif Antara Atasan dengan Bawahan dinyatakan valid secara isi. Dengan dilakukannya validitas isi modul ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan komunikasi efektif.


Kata Kunci : Validasi Modul, Intervensi Proses Konsultasi, Komunikasi Efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ondi, E. O. I. ., Annisa, . V. ., & Periantalo, J. . (2022). UJI VALIDITAS ISI MODUL INTERVENSI PROSES KONSULTASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA ATASAN DENGAN BAWAHAN UNIT CONSUMER SERVICE DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL JAMB: CONTENT VALIDITY TEST OF THE CONSULTATION PROCESS INTERVENTION MODULE TO IMPROVE EFFECTIVE COMMUNICATION BETWEEN BOSS WITH UNDER CONSUMER SERVICE UNITS AT PT. INDONESIAN TELECOMMUNICATIONS WITEL JAMBI. Jurnal Psikologi Jambi, 7(02), 21-31. https://doi.org/10.22437/jpj.v7i02.22453
Section
Articles

References

Aini, W. (2017). Efektifitas Intervensi Perubahan Strategi Pt.Finnet Indonesia.†Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma 10 (1): 178753.

Anjani, W. S., Arumsari, C., & Imaddudin, A. (2020). Pelatihan Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Journal of Innovative Counseling Theory, Practice & Research, 4(1), 41–56.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azzuhri, M. (2016). Intervensi Manajemen Sumberdaya Manusia Dan Dampaknya Terhadap Kesiapan Sivitas Akademika Untuk Berubah. Jurnal Aplikasi Manajemen 14 (4): 778–87.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dimas Okta Ardiansyah. (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Dimediasi oleh Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1.

Irgananda, citra insani, & Widodorini, T. (2017). Pengaruh Kualitas Skenario Dan

Peran Fasilitator Terhadap Keefektifan Diskusi Kelompok Problem-Based Learning. 4(1).

Keith,. & Davis (2013). Sumber Daya Manusia Dan Menajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Moss., & Tubbs. (2012). EBOOK: Human Communication: South African Edition

- Stewart Tubbs, Sylvia Moss, Nicolette Papastefanou - Google Buku.â€

Sabri, S. (2015). Strategi Meningkatkan Komunikasi Yang Efektif Antara Pemimpin Dan Anggota Organisasi. JurnalEkonomiXVIII(2).http://ojs.stiehas.ac.id/index.php/J

E/article/view/31.

Tambupolon, Manahan. 2020. Change Management. Jakarta: Mitra Wacana Media