Analisis Faktor Penentu Optimalisasi Kinerja dan Pelayanan PTN BLU di Universitas Jambi

Penulis

  • Rico Wijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi – Indonesia
  • Susfa Yetti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi – Indonesia
  • Wiwik Tiswiyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, Jambi – Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v9i4.42164

Kata Kunci:

Balanced Scorecard, PTN BLU, Kinerja, Pelayanan, Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan optimalisasi kinerja dan pelayanan Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) di Universitas Jambi dengan pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Balanced Scorecard digunakan sebagai alat ukur kinerja strategis dengan mempertimbangkan empat perspektif utama, yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menjelaskan faktor yang berkontribusi terhadap optimalisasi kinerja dan pelayanan. Data dikumpulkan melalui laporan keuangan yang diterbitkan dan kuesioner yang disebarkan kepada pihak manajemen, dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan di Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berperan dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan PTN BLU di Universitas Jambi. Dengan memahami faktor-faktor penentu ini, Universitas Jambi dapat merumuskan kebijakan strategis yang lebih efektif dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan PTN BLU. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perguruan tinggi lainnya dalam menerapkan Balanced Scorecard untuk mengoptimalkan tata kelola institusi secara lebih terstruktur dan berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ernitati. (2016). Analisis Kinerja Universitas Berstatus Badan Layanan Umum (BLU) (Studi Kasus Pada Uin Sultan Syarif Kasim Riau). Pekbis Jurnal, 8(1), 44–52.

Galib, M., & Hidayat, M. (2018). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt. Bosowa Propertindo. Journal of Management & Business, 2(1), 92. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko

Irawan, M. R. N. (2019). Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Pada Hotel Elresas Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM), 4(3), 1069–1084.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Linking the Balanced Scorecard to Strategy. California Management Review, 39(1).

Koesomowidjojo, S. R. M. (2018). Balance Scorecard. Raih Asa sukses.

Kurniawan, A. (2005). Transformasi pelayanan publik. Pembaruan.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Andi.

Marietza, F., & Agesty, F. (2023). Penerapan Peta Strategi dan Balance Scorecard untuk Meningkatkan Kinerja Manajemen (Studi Kasus pada Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu). Ratio : Reviu Akuntansi Kontemporer Indonesia, 4(1), 78. https://doi.org/10.30595/ratio.v4i1.15556

Nahdia, E. P., & Sugiartono, E. (2023). Konsep Value For Money Pada Pengukuran Kinerja. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 3(2), 652–662. https://journal.uniku.ac.id/index.php/jeam

Schiemann, W. A. (2009). Reinventing Talent Management: How to Maximize Performance in the New Marketplace (S. R. Meisinger, Ed.). John Wiley & Sons.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi pelayanan publik: teori, kebijakan, dan implementasi. Bumi Aksara.

Solihin, D. (2021). Penerapan Pendekatan Sistem Manajemen Strategi Menggunakan Konsep Balanced Scorecard Di Politeknik Tedc Bandung. Penerapan Pendekatan Sistem Manajemen, 15(2).

Suti, M., Syahdi, Muh. Z., & D., D. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(2), 203. https://doi.org/10.35914/jemma.v3i2.635

Yulisma, L., Setiadi, T., Murtado, D., & Wasliman, I. (2023). Penerapan Balance Score Card Pada Perguruan Tinggi: Dampaknya Terhadap Kinerja Dosen Dan Kembalian Pendidikan (Studi Kasus Di Universitas Galuh). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 11(2), 123–130. https://doi.org/10.25157/je.v11i2.11099

Zulbasri, M., Nasrullah, D., Yusrialis, & Syamsurizal. (2023). Pengaruh Pengukuran Balanced Scorecard (BSC) Terhadap Kinerja Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Badan Layanan Umum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Jurnal Ahkam Wa Igtishad, 1(2), 42–51. www.riaupos.jawapos.com

Diterbitkan

2025-03-14

Cara Mengutip

Wijaya, R., Yetti, S., & Tiswiyanti, W. (2025). Analisis Faktor Penentu Optimalisasi Kinerja dan Pelayanan PTN BLU di Universitas Jambi. JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (E-Journal), 9(4), 391–400. https://doi.org/10.22437/jaku.v9i4.42164

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.