Analisis Kebutuhan Evaluasi Pembelajaran Tari Gambyong Pareanom bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Quiz Matching Games
DOI:
https://doi.org/10.22437/jcs.v3i01.29870Kata Kunci:
Analisis Kebutuhan, Evaluasi Pembelajaran, Quiz Matching GamesAbstrak
Tujuan penelitian yaitu membuat inovasi pembelajaran dalam evaluasi pembelajaran yang kreatif berbasis game Quiz Matching Games. Permasalahan berdasarkan hasil observasi atau wawancara bahwa evaluasi pembelajaran masih menggunakan model atau metode konvensional. Metode menggunakan PJBL yang menghasilkan inovasi evaluasi pembelajaran berbasis online. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Riset kualitatif digunakan untuk menjaring data assessmen evaluasi pembelajaran seni yang dilakukan oleh guru dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif. Riset kualitatif digunakan untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas produk yang akan dihasilkan. Pengembangan penelitian terletak pada alat evaluasi yang mengacu pada teori Sugiyono. Pada bagian research kualitatif dan kuantitatif digunakan keduanya dengan menyusun hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji produk atau validitas dari hasil yang akan diujikan. Hasil penelitian menunjukkan Quiz Matching Games sangat efisien dan praktis digunakan oleh peserta didik SMK Fase E dengan jumlah 23 peserta didik dengan hasil yang memuaskan dan berhasil. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa model evaluasi berbasis game online Quiz Matching Games sangat diperlukan peserta didik menjawab harapan kurikulum merdeka yang inovatif.
Unduhan
Referensi
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI GAMES EDUKATIF WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAHAMI MATER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN CIRACAS 05 PAGI. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133
Asral, S., & Chandra, R. (2021). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Menggunakan Media Evaluasi Pembelajaran Quizizz dengan Media Evaluasi Pembelajaran Konvensional. MSI Transaction on Education, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.46574/mted.v2i2.53
Fanny. (2020). Kreativitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan.
Fuadiy, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 173–197. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i1.83
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Irianto, I. S. (2023). Rekonstruksi Dramaturgi Soekarno dalam Drama Rainbow: Poetri Kentjana Boelan. Dance and Theatre Review, 6(1), 26–42. https://doi.org/10.24821/dtr.v6i1.9244
Irianto, I. S., Saaduddin, Susandro, & Medya Putra, N. (2020). Recombination of Minangkabau Traditional Arts in Alam Takambang Jadi Batu by Komunitas Seni Nan Tumpah. Jurnal Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 22(1). http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
Jazuli, M. (2010). Model Pembelajaran Tari Pendidikan pada Siswa SD/MI Semarang. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2), 1–18.
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400
Machuca-Martinez, F., Amado, R. C., & Gutierrez, O. (2020). Coronaviruses: A patent dataset report for research and development (R&D) analysis. Data in Brief, 30, 105551. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105551
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Muhimmatul Choiroh. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). TAHAP DEFINISI DALAM FOUR-D MODEL PADA PENELITIAN RESEARCH & DEVELOPMENT (R&D) ALAT PERAGA EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Rifandi, I., & Irianto, I. S. (2023). “Membingkai Melayu” Perancangan Metode Akting Berbasis Tradisi Untuk Pembelajaran Makyong di Program Studi Seni Pertunjukan UNIMED. Jurnal Sendratasik, 12(2), 157. https://doi.org/10.24036/js.v12i2.122569
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Sarpong, D., Boakye, D., Ofosu, G., & Botchie, D. (2023). The three pointers of research and development (R&D) for growth-boosting sustainable innovation system. Technovation, 122, 102581. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2022.102581
Subandi. (2011). Deskriptif Kualitatif sebagai Salah Satu Metode Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 11(2), 173–179.
Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409
Suwarjiya, & Sulistyawati, D. R. (2022). Kreativitas Tari Melalui Pembelajaran Tari Kreasi Baru Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8, 151.
Theodoridis, T., & Kraemer, J. (2011). Kontribusi Seni Tari Nusantara dalam Mmembangun Pendidikan Karakter.
Tri Marwanti Kusumaning Tyas, D., & Sudarman, Y. (2021). Pelaksanaan Analisis Soal Oleh Guru Sebagai Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Seni Tari Di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Sendratasik, 10(3), 60. https://doi.org/10.24036/js.v10i3.114477
Warsita, B. (2014). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91
Yuliani w & Siliwangi IKIP. (2020). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dhea Nining Rahmawati, Wahyu Lestari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Cerano Seni memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artikel Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi Creative Commons yang digunakan.