Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 113 Kota Jambi

Authors

  • Perawati Perawati Universitas Jambi
  • Sukendro Sukendro Universitas Jambi
  • Urip Sulistyo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9425

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classsroom action research). Penelitian ini  terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dimana model ini adalah pembelajaran kelompok yaitu guru memberi apersepsi untuk mengajak siswa berpikir (Think) lalu mengelompokkan siswa dengan terdiri dari 2-6 orang yang kemudian berdiskusi (Pair) dan mempersentasikannya di depan kelas (Share) untuk mendapatkan kesimpulan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi yang dialami siswa dari siklus 1 yaitu 75 % dengan kategori cukup, pada siklus II yaitu 85,5 % dengan kategori baik dan siklus III 90 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan partisipasi siswa pada materi pembelajaran IPA di kelas VI  SDN 113 / IV Kota Jambi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-01 — Updated on 2020-06-01

Versions

How to Cite

Perawati, P., Sukendro, S., & Sulistyo, U. (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 113 Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 42-61. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9425