This is an outdated version published on 2020-06-01. Read the most recent version.

Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 113 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9425

Keywords:

partisipasi, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini dapat meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classsroom action research). Penelitian ini  terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Dimana model ini adalah pembelajaran kelompok yaitu guru memberi apersepsi untuk mengajak siswa berpikir (Think) lalu mengelompokkan siswa dengan terdiri dari 2-6 orang yang kemudian berdiskusi (Pair) dan mempersentasikannya di depan kelas (Share) untuk mendapatkan kesimpulan pada akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi yang dialami siswa dari siklus 1 yaitu 75 % dengan kategori cukup, pada siklus II yaitu 85,5 % dengan kategori baik dan siklus III 90 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan partisipasi siswa pada materi pembelajaran IPA di kelas VI  SDN 113 / IV Kota Jambi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhini, dkk. 2014. Evektivitas Model Problem Based Learning Barbantuan Audio Visual Ditijau Dari Hasil belajar IPA Siswa kelas 5 SDN I Gadu Sambong Semester 2 Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal FKIP-UKSW (102-105)
Amstrong, Thomas., 2013. Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Arikunto, Suharsimi., 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi , 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwinda Nur,dkk. 2016. Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Think Pair Share di Kelas XI MIA,SMA Negri 1 Muaro Jambi. Jurnal Universitas Jambi : 46-50
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Irene ,dkk. 2015. IPA Untuk SD Kelas VI. Jakarta: Elangga
Kurniasih,dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suryosubroto,B.,2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta
Taniredja, Tukiran,dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Tim penyusun. 2017. Panduan penyusunan Tesis Pascasarjana : Universitas Jambi.
Widoyoko, Eko Putro, 2014. Teknik Menyusun Instrumen Penelitian . Yogyakarta : Pustaka Belajar

Downloads

Published

2020-06-01

Versions

How to Cite

Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Materi Pembelajaran IPA di Kelas VI SDN 113 Kota Jambi. (2020). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 42-61. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9425